Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis kelas X IPS MAN Kota Batu / Almar Uswachid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis kelas X IPS MAN Kota Batu / Almar Uswachid

Uswachid, Almar (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis kelas X IPS MAN Kota Batu / Almar Uswachid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Almar Uswachid. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X IPS MAN Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Dr. Satti Wagistina S P M Si. Kata kunci Model pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran yang dirancang dengan baik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah pembelajaran dengan konteks permasalahan dunia nyata memberikan siswa untuk dapat aktif berkerja sama (berkolaborasi) untuk dapat memecahkan suatu masalah dengan diimbangi kemampuan berfikir kritisnya berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS MAN Kota Batu. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mengunakan subjek kelas X Ips MAN Kota Batu yang setiap kelas terdapat 35 siswa penelitian mengunakan instrumen soal essai berjumlah 5 butir soal analisis data menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai tertinggi 88 sedangkan untuk kelas kontrol yang mengunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai tertinggi 84 hasil dari kedua kelas tersebut mengatakan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi nilai yang diperoleh dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai signifikasi menunjukkan 0 01 8804 0 05 sehingga dapat dikatakan H0 ditolak berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Ips MAN Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89934

Actions (login required)

View Item View Item