Pengembangan media pembelajaran GIM geografi pada materi sumber daya alam kelas XI (GIM RPG android genre adventure) / Gelanggoro Kismo Anintika

Anintika, Gelanggoro Kismo (2019) Pengembangan media pembelajaran GIM geografi pada materi sumber daya alam kelas XI (GIM RPG android genre adventure) / Gelanggoro Kismo Anintika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anintika, Gelanggoro Kismo. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Gim Geografi Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas XI (Gim RPG Android Genre Adventure). Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (2) Purwanto, S.Pd, M.Si Kata Kunci: Pengembangan Media, Gim, RolePlaying Games (RPG) Siswa tingkat SMA dituntut mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Hal ini berkaitan dengan cara belajar siswa di dalam kelas, seperti membaca buku, mendengarkan penjelasan guru, memahami tampilan pada powerpoint jika diberikan, dan sebagainya. Kegiatan belajar geografi pada tingkat SMA membutuhkan pemahaman lebih karena materi yang diajarkan bukan hanya berkaitan dengan teori dan konsep semata. Kebutuhan akan pengalaman pembelajaran di luar kelas juga diperlukan siswa. Namun, tidak semua pembelajaran dan pendidik mampu memberikan kegiatan pembelajaran di luar kelas mengingat biaya dan waktu yang digunakan cukup besar. Alternatif atau jalan lain dari hal tersebut adalah menggunakan media pembelajaran. Pada masa sekarang kemajuan teknologi sudah banyak dirasa oleh khalayak umum. Dari pihak lembaga sekolah sendiri sudah banyak yang memperbolehkan siswa membawa perlengkapan elektronik seperti laptop dan smartphone. Pada kenyataannya tidak banyak siswa menggunakan perlengkapan elektronik tersebut dengan baik dan benar. Dengan beragam fitur yang ditawarkan oleh alat teknologi tersebut siswa sebenarnya dapat dengan mudah mengakses pembelajaran yang diinginkan. Hanya saja biasanya pembelajaran tersebut kurang menarik minat siswa untuk belajar sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang mengikuti alur kemajuan teknologi saat ini masih kurang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model pengembangan deskriptif adalah model pengembangan dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Model yang akan dikembangkan mengacu pada model pengembangan Sadiman dengan prosedur pengembangan meliputi analisis materi, perumusan tujuan, desain media, produksi media, prototype media, validasi produk, revisi, produk akhir. Materi dalam media ini menggunakan beberapa materi sumber daya alam yang dapat dikaitkan dengan alur cerita yang telah dibuat. Produksi media menggunakan perangkat lunak dari pihak ketiga yaitu RPG Maker MV dengan bantuan perangkat lunak lain sebagai pelengkap yaitu Corel Draw X7. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran gim geografi dengan ekstensi .apk yang dapat digunakan pada smartphoneatau gawai dengan sistem operasi android versi 4.4 atau lebih. Secara keseluruhan hasil uji coba untuk mencari tingkat ketertarikan siswa terhadap media memiliki skor 169 dengan persentase ketertarikan terhadap media 84,50%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan media yang telah diuji cobakan ini baik dan dapat didistribusikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89933

Actions (login required)

View Item View Item