Persepsi siswa dan hambatan guru geografi dalam penerapan kebijakan kurikulum bela negara dan kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim / Aulia Dwinanda Halim

Halim, Aulia Dwinanda (2019) Persepsi siswa dan hambatan guru geografi dalam penerapan kebijakan kurikulum bela negara dan kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim / Aulia Dwinanda Halim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Halim, Aulia Dwinanda. 2019. Persepsi Siswa dan Hambatan Guru Geografi dalam Penerapan Kebijakan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.HadiSoekamto, S.H., M.Pd, M.Si, (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si Kata Kunci: Persepsi, Hambatan, Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman diterapkan di SMAN Taruna Nala Jatim. Kurikulum tersebut merupakan kurikulum yang hanya ada di SMAN Taruna Nala Jatim, sehingga SMAN Taruna Nala Jatim menerapkan dua kurikulum sekaligus. Kurikulum tersebut menerapkan sistem pendidikan semi-miiter di sekolah tersebut. Penerapan ini tentunya memunculkan berbagai kesenjangan bagi guru maupun siswa. Persepsi siswa dapat menjadi salah satu alat untuk mengetahui tingkat kenyamanan siswa sehingga dapat berdampak pada semangat belajar siswa. Hal ini karena persepsi setiap orang berbeda-beda tergantung respon tersebut positif maupun negatif. Selain itu, hambatan guru dengan adanya penerapan kebijakan tersebut juga perlu diketahui sehingga dapat mengetahui dan mengatasi hambatan tersebut. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peersepsi siswa dan hambatan guru geografi dalam penerapan kebijakan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang mencari informasi tentang suatu gejala dan merumuskan dengan jelas tujuan yang akan dicapai. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru geografi SMAN Taruna Nala Jatim. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan pedoman wawancara. Pernyataan yang harus dijawab oleh siswa berjumlah 20 butir dan 21 pertanyaan untuk guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi beberapa langkah yaitu penyekoran, tabulasi, kemudian dilakukan kualifikasi. Penyekoran pada penelitian ini menggunkan skala Likert dengan modifikasi untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang mengenai fenomena tertentu. Hasil dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa dan hambatan guru geografi dalam penerapan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman. Persepsi siswa dalam penerapan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritimanberpersepsi positif. Sedangkan untuk hambatan guru geografi tidak mengalami hambatan dalam penerapan kebijakan kurikulum tersebut. Dengan demikian, persepsi siswa tergolong positif dan guru geografi tidak mengalami hambatan dalam penerapan kebijakan Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89932

Actions (login required)

View Item View Item