Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN 3 Kediri / M. Azis Zaitunil Lutfi

Lutfi, M. Azis Zaitunil (2019) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN 3 Kediri / M. Azis Zaitunil Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lutfi, M. A. Z., 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS MAN 3 Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (2) Purwanto, S.Pd, M.Si Kata Kunci: Model PBL berbatuan google classroom, Motivasi belajar, Hasil belajar, Mata pelajaran geografi. Siswa kelas XI IPS I di MAN 3 Kediri diketahui memiliki motivasi belajar dan hasil belajar yang rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajar geografi ditunjukkan dengan kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran geografi. Hal ini sesuai dengan hasil penyebaran angket motivasi belajar pra tindakan yang menunjukkan rata-rata skor motivasi belajar kelas sebesar 61,00 atau kelas tersebut memiliki kualifikasi motivasi belajar cukup. Namun, motivasi belajar tersebut masih sangat perlu ditingkatkan karena kelas XI IPS I memiliki hasil belajar yang tergolong rendah. Hasil belajar yang rendah ini diketahui berdasarkan hasil ulangan harian (UH) pada materi dinamika kependudukan yang menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas sebesar 53. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan google classroom. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus pelaksanaan. Subyek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS I yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan soal tes untuk mengukur hasil belajar. Soal tes tersebut diberikan pada masing-masing akhir siklus I dan siklus II, kemudian hasil keduanya dianalisis dengan cara perbandingan antara jumlah nilai yang didapat siswa pada satu siklus pembelajaran dengan siklus pembelajaran yang lainnya. Sedangkan untuk mengukur motivasi belajar pada penelitian ini menggunakan instrumen angket yang berjumlah 25 butir pertanyaan. Angket motivasi belajar diberikan sebelum tindakan dan setelah tindakan kemudian hasil keduanya dianalisis dengan cara dibandingkan untuk diketahui nilai peningkatannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan google classroom dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS I MAN 3 Kediri. Motivasi belajar pra tindakan yang diketahui nilai rata-rata sebesar 61,00 mengalami peningkatan pasca tindakan menjadi 71,00 atau dengan persentase peningkatan motivasi belajar sebesar 16,13%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 54,86 dan siklus II sebesar 68,03 atau dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 24,01%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89931

Actions (login required)

View Item View Item