Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Tumpang / Mundiyah

Mundiyah (2019) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Tumpang / Mundiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mundiyah. 2019. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Matapelajaran Geografi di SMAN 1 Tumpang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. Kata kunci: Model Project Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tumpang. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada matapelajaran Geografi terlihat setelah dilakukan penelitian pra-tindakan, hal ini diketahui dari hasil nilai tes soal berpikir kreatif siswa yang masih dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain dua siklus penerapan model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, untuk menguji kemampuan berpikir kreatif siswa menggunaan soal uraian sebanyak 4 soal yang terdiri dari 4 pernyataan dan 16 pertanyaan, yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu; 1) berpikir lancar, 2) berpikir luwes, 3) berpikir orisinil, dan 4) keterampilan mengelaborasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran Geografi terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penerapan model PjBL pada siklus 1 rata-rata nilai sebesar 66,28 dan pada siklus II sebesar 77,56. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran Geografi di SMAN 1 Tumpang. Saran bagi guru, diharapkan dapat menerapkan model PjBL sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik lagi. SUMMARY Mundiyah. 2019. Application of Project Based Learning Model to Improve Creative Thinking Ability of Class XI IPS 1 Students in Geography at Senior High School 1 Tumpang. Sarjana’s Thesis. Geography Department Faculty of Social Sciens. Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Drs.Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. Keywords: Project Based Learning Model and Creative Thinking Ability. The background of this study is student of XI IPS 1 at Senior High Shool 1 Tumpang’s low ability of creative thinking. The low ability of students' creative thinking in the Geography subject was seen after pre-action research, it was known from the results of the test scores of students' creative thinking problems that can still be improved for the better. This study aims to improve students' creative thinking skills using the Project Based Learning. The type of research used in this study is Classroom Action Research (CAR) with the design of two cycles of application of the learning model. The instrument used in this study was a test question, to test students' creative thinking skills using four questions which consisted of four statements and sixteen questions, which were developed based on indicators of creative thinking skills, namely; 1) thinking fluently, 2) flexible thinking, 3) original thinking, and 4) elaborating skills. Based on the results of the study, the research conducted in class XI IPS 1 in the Geography subject had an improvement in students' creative thinking skills. The results of application of the PjBL model in cycle 1 were 66,28 and in the second cycle were 77,56. Therefore, it can be concluded that the PjBL model can improve students of XI IPS 1 at Senior High Shool 1 Tumpang’s creative thinking skills in Geography. Suggestions for teachers, are expected to be able to apply the PjBL model as a way to improve students' creative thinking skills, for schools, it is expected to contribute in improving the quality of learning, and for future researchers to develop this research for the better.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89930

Actions (login required)

View Item View Item