Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi prezi materi atmosfer kelas X IPS / Ahmad Fathoni Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi prezi materi atmosfer kelas X IPS / Ahmad Fathoni Yahya

Yahya, Ahmad Fathoni (2019) Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi prezi materi atmosfer kelas X IPS / Ahmad Fathoni Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yahya A. F. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Prezi Materi Atmosfer Kelas X IPS. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd. M.Pd (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Prezi Materi Atmosfer Media pembelajaran dalam proses pembelajaran menempati posisi yang strategis karena menjadi perantara penyampaian informasi dari guru kepada siswa. Media pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah prezi. Media prezi memiliki perbedaan dengan aplikasi sejenis yang memiliki fungsi sama seperti power point. Prezi merupakan perangkat lunak (software) presentasi yang berbasis internet. Ciri khas tersendiri di dalam aplikasi ini adalah dengan adanya fitur unggulan yang menjadi ciri khas berupa Zooming User Interface (ZUI) yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran digital dengan menggunakan aplikasi prezi pada mata pelajaran geografi materi atmosfer bagi siswa kelas X. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD (Analyze Design Development) pada penelitian ini. Produk media pembelajaran ini divalidasi terlebih dahulu oleh validator ahli media ahli materi dan ahli bahasa sebelum diujicobakan. Ahli media memberikan 4 saran perbaikan yaitu 1) membuat petunjuk pemanfaatan media pembelajaran 2) memperbaiki transisi dalam peralihan slide 3) perlu menambahkan gambar atau video agar media tidak memiliki beban kognitif yang tinggi 4) mengikuti prinsip desain multimedia pembelajaran dari Richard E. Mayer. Ahli materi memberikan 3 saran perbaikan untuk media pembelajaran yaitu 1) memperbaiki pengertian geografi yang sesuai dengan buku 2) menambahkan unsur-unsur gas penyusun atmosfer 3) menambahkan materi unsur cuaca dan iklim. Ahli bahasa menyaran 3 perbaikan pada media pembelajaran yaitu 1) jangan menggunakan kata merupakan di awal kalimat 2) mengganti kata dan sebagainya dengan kata diantaranya 3) menambahkan ilustrasi gambar. Berdasarkan tinjauan dari para ahli secara umum media yang telah dikembangkan sudah layak untuk diujicobakan tetapi masih perlu beberapa perbaikan. Produk media pembelajaran yang telah divalidasi kemudian diujicobakan untuk melihat tingkat kelayakan media. Hasil ujicoba berdasarkan kelayakan adalah 62 03 % sangat layak dan 37 97 % layak dengan nilai pada setiap aspeknya yaitu kemenarikan 84 24% minat dan motivasi 80 70% pemahaman 81 33% dan bahasa 87 66%. Disarankan pada guru Geografi untuk menggunakan media pembelajaran ini di kelas khususnya saat menjelaskan materi atmosfer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89928

Actions (login required)

View Item View Item