Pengaruh model problem based learning menggunakan informasi geospasial terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IIS di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang / Yuni Kartika Sita Dewi

Dewi, Yuni Kartika Sita (2019) Pengaruh model problem based learning menggunakan informasi geospasial terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IIS di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang / Yuni Kartika Sita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, Yuni Kartika Sita. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Informasi Geospasial terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas X IIS di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: model Problem Based Learning, Informasi Geospasial, kemampuan berpikir spasial Kemampuan berpikir spasial penting untuk dikembangkan karena setiap fenomena geografi yang dikaji mencakup suatu ruang yang mempengaruhi ruang lainnya. Sehingga ketajaman berpikir spasial harus dikembangkan. Oleh karena itu geografi menjadi disiplin akademik yang paling cocok untuk membantu perkembangan kemampuan berpikir spasial melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang tepat. Kegiatan pembelajaran yang dapat membangun kemampuan berpikir spasial yaitu menggunakan model Problem Based Learning menggunakan informasi geospasial. Penggunaan informasi geospasial sangat diperlukan dalam pembelajaran geografi karena siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan keruangan suatu wilayah dengan lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based learning menggunakan informasi geospasial terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IIS di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu pretest postest terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas X IIS 3 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal essai sebanyak 8 butir untuk mengukur kemampuan berpikir spasial. Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Sample t-test). Analisis data penelitian uji statistik parametrik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning menggunakan informasi geospasial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN Bandarkedungmulyo Jombang. Hasil tes yang telah dilakukan menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) adalah 0,000 < 0,05 dengan taraf kepercayaan 95% sehingga H0 ditolak, yang artinya model Problem Based Learning menggunakan informasi geospasial berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN Bandarkedungmulyo Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89927

Actions (login required)

View Item View Item