Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Batu / Vito Gilang Dewantara

Dewantara, Vito Gilang (2019) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Batu / Vito Gilang Dewantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewantara, Vito Gilang. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Batu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dra. Yuswanti Ariana Wirahayu, M.Si. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menghadapkan siswa pada permasalahan yang nyata pada kehidupan sehari-hari serta dapat memecahkan masalah dan mengupayakan berbagai macam solusi. Model Problem Based Learning dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tahapan-tahapan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kota Batu. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) menggunakan Posstest Only Control Group Design. Subyek penelitian ini, yaitu dua kelas diantaranya, kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model Problem Based Learning dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional (ceramah, diskusi, presentasi). Instrumen yang digunakan berupa tes subyektif sejumlah 10 soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes satu kali yang diberikan sesudah diberi perlakuan. Teknik analisis menggunakan uji t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan model Problem Based Learning mendapatkan nilai rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model Problem Based Learning. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,030 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89925

Actions (login required)

View Item View Item