Solikah, Nikmatus (2019) Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat belajar dan tingkat pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS MA NU Lekok Pasuruan / Nikmatus Solikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Solikah Nikmatus. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Tingkat Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS MA NU Lekok Pasuruan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (II) Dr. Satti Wagistina S.P M.Si. Kata Kunci Minat Belajar Tingkat Pemahaman Konsep TGT Kelas XI IPS MA NU Lekok Minat belajar dan tingkat pemahaman konsep merupakan dua aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari geografi. Rendahnya minat belajar dan tingkat pemahaman konsep pada siswa merupakan masalah yang membutuhkan solusi. Masalah tersebut terdapat di kelas XI IPS MA NU Lekok. Berdasarkan hasil wawancara dan angket diketahui bahwa kelas XI IPS MA NU Lekok memiliki minat belajar geografi yang rendah. Adapun hasil tes pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor siswa adalah 44 4 yang termasuk dalam kualifikasi kurang dengan satu siswa memiliki tingkat pemahaman baik tiga siswa dengan tingkat pemahaman cukup dan dua puluh siswa dengan tingkat pemahaman yang kurang. Untuk mengatasi hal tersebut maka diterapkan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan minat belajar dan tingkat pemahaman konsep geografi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan dalam setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS MANU Lekok yang berjumlah 26 siswa. Adapun intstrumen yang dipakai untuk mengukur minat belajar adalah angket sedangkan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep adalah tes tingkat pemahaman konsep. Setelah dilakukan tindakan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor minat belajar siswa menjadi 83 sehingga terdapat peningkatan minat belajar siswa sebesar 10 52%. Selain itu setelah diterapkan model pembelajaran TGT di kelas XI IPS MA NU Lekok skor rata-rata tes pemahaman konsep siswa setelah siklus I meningkat dari 44 4 menjadi 73 1. Rata-rata skor tingkat pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 64 64%.Adapun setelah siklus II skor rata-rata tingkat pemahaman konsep siswa naik menjadi 78 57. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep sebesar 7 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan minat belajar dan tingkat pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS MA NU Lekok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89924 |
Actions (login required)
View Item |