Penerapan model pembelajaran science environment technology and society untuk meningkatkan kemampuan sikap kepedulian lingkungan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri Kab. Mojokerto / Meitha Christiana Halim

Halim, Meitha Christiana (2019) Penerapan model pembelajaran science environment technology and society untuk meningkatkan kemampuan sikap kepedulian lingkungan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri Kab. Mojokerto / Meitha Christiana Halim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Meitha. 2019. Penerapan Model Science Environtment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Budi Handoyo,M.Si, (2) Drs. Hendri Pirwito, M.Pd. Kata Kunci: Model Science Environtment Technology and Society, Sikap Kepedulian Lingkungan Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 5 November 2019 s/d 24 Desember pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 PURI. Bagaimana mereka bersikap pada lingkungan mereka. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS SMAN 1 Puri memiliki kepekaan lingkungan yang sangat tinggi ketika berada didalam kelas. SMAN 1 Puri juga memiliki beberapa fasilitas untuk menjaga lingkungan agar lingkungan sekitar sekolah tersebut terjaga dengan baik. Salah satu fasilitas tersebut adalah adanya peraturan yang mengharuskan siswa menjaga lingkungannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah mampu merasakan kepedulian terhadap lingkungannya melalui model pembelajaran Science Environtment Technology and Society. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas berdasar pada dua siklus Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang langsung diperoleh dari subyek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kemampuan peduli terhadap lingkungan melalui tes dan non tes. Pengumpulan data melalui data tes terdiri dari 10 soal yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan yang membuat peneliti mengerti apakah siswa telah mampu peduli terhadap lingkungan, selanjutnya diikuti dengan non tes yang berisi angket yang berisi pernyataan untuk mengetahui apakah siswa telah peduli terhadap lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Pada siklus I nilai kemampuan siswa peduli terhadap lingkungannya siswa mencapai 72,56 pada soal tes dan non tes . Sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata kemampuan peduli terhadap lingkungan siswa mencapai 87. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis sebesar 14,4 dengan persentase 19,9%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kab. Mojokerto.   RINGKASAN Meitha. 2019. Penerapan Model Science Environtment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Budi Handoyo,M.Si, (2) Drs. Hendri Pirwito, M.Pd. Kata Kunci: Model Science Environtment Technology and Society, Sikap Kepedulian Lingkungan Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 5 November 2019 s/d 24 Desember pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 PURI. Bagaimana mereka bersikap pada lingkungan mereka. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS SMAN 1 Puri memiliki kepekaan lingkungan yang sangat tinggi ketika berada didalam kelas. SMAN 1 Puri juga memiliki beberapa fasilitas untuk menjaga lingkungan agar lingkungan sekitar sekolah tersebut terjaga dengan baik. Salah satu fasilitas tersebut adalah adanya peraturan yang mengharuskan siswa menjaga lingkungannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah mampu merasakan kepedulian terhadap lingkungannya melalui model pembelajaran Science Environtment Technology and Society. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas berdasar pada dua siklus Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang langsung diperoleh dari subyek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kemampuan peduli terhadap lingkungan melalui tes dan non tes. Pengumpulan data melalui data tes terdiri dari 10 soal yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan yang membuat peneliti mengerti apakah siswa telah mampu peduli terhadap lingkungan, selanjutnya diikuti dengan non tes yang berisi angket yang berisi pernyataan untuk mengetahui apakah siswa telah peduli terhadap lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Pada siklus I nilai kemampuan siswa peduli terhadap lingkungannya siswa mencapai 72,56 pada soal tes dan non tes . Sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata kemampuan peduli terhadap lingkungan siswa mencapai 87. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis sebesar 14,4 dengan persentase 19,9%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kab. Mojokerto.   RINGKASAN Meitha. 2019. Penerapan Model Science Environtment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Budi Handoyo,M.Si, (2) Drs. Hendri Pirwito, M.Pd. Kata Kunci: Model Science Environtment Technology and Society, Sikap Kepedulian Lingkungan Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 5 November 2019 s/d 24 Desember pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 PURI. Bagaimana mereka bersikap pada lingkungan mereka. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS SMAN 1 Puri memiliki kepekaan lingkungan yang sangat tinggi ketika berada didalam kelas. SMAN 1 Puri juga memiliki beberapa fasilitas untuk menjaga lingkungan agar lingkungan sekitar sekolah tersebut terjaga dengan baik. Salah satu fasilitas tersebut adalah adanya peraturan yang mengharuskan siswa menjaga lingkungannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah mampu merasakan kepedulian terhadap lingkungannya melalui model pembelajaran Science Environtment Technology and Society. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas berdasar pada dua siklus Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang langsung diperoleh dari subyek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kemampuan peduli terhadap lingkungan melalui tes dan non tes. Pengumpulan data melalui data tes terdiri dari 10 soal yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan yang membuat peneliti mengerti apakah siswa telah mampu peduli terhadap lingkungan, selanjutnya diikuti dengan non tes yang berisi angket yang berisi pernyataan untuk mengetahui apakah siswa telah peduli terhadap lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Pada siklus I nilai kemampuan siswa peduli terhadap lingkungannya siswa mencapai 72,56 pada soal tes dan non tes . Sedangkan pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata kemampuan peduli terhadap lingkungan siswa mencapai 87. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis sebesar 14,4 dengan persentase 19,9%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Science Environtment Technology and Society dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Puri Kab. Mojokerto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89923

Actions (login required)

View Item View Item