Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Besuki Kabupaten Situbondo / Alim Haryadi

Haryadi, Alim (2019) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Besuki Kabupaten Situbondo / Alim Haryadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Haryadi, Alim. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS 2 SMAN 1 Besuki. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Analitis Pembelajaran kurikulum 2013 menuntut siswa untuk terlibat secara aktif dan mandiri selama pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir analitis. Namun hal tersebut belum ditemukan peneliti selama observasi awal di kelas X IPS 2 SMAN 1 Besuki. Apabila guru mengajukan pertanyaan kognitif tingkat analitis C4, siswa sebagian besar menjawab pertanyaan terebut hanya pada tingkat C1. Siswa juga cenderung terfokus pada buku paket dan jawaban yang dikemukakan antara sesama siswa seragam. Selain itu, berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa pada tahap pra tindakan masih dibawah KKM (≥75). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Besuki pada Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini ditinjau dari permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil observasi awal pra tindakan. Model Problem Based Learning digunakan agar siswa menemukan pengetahuan secara mandiri sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir analitis pada materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini diawali observasi pra tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dan diakhiri observasi tindakan serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Besuki berjumlah 36 siswa. Data kemampuan berpikir analitis siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir analitis siswa yang dilakukan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan berpikir analitis setelah diterapkan model Problem Based Learning. Hal ini diperkuat dengan hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa yang mengalami peningkatan dari indikator yang digunakan. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa diperoleh hasil sebesar 68,5 untuk pra tindakan, untuk siklus I sebesar 75,36 dan untuk siklus II sebesar 88,33. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 10,01% sedangkan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 17,21%. Kondisi tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89921

Actions (login required)

View Item View Item