Penerapan model discovery learning berbasis outdoor study untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMAI Raiyatul Husnan Wringin Bondowoso / Andre Kusdian Hadi

Hadi, Andre Kusdian (2019) Penerapan model discovery learning berbasis outdoor study untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMAI Raiyatul Husnan Wringin Bondowoso / Andre Kusdian Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hadi, Andre Kusdian. 2019 Penerapan Model Discovery Learning berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMAI Raiyatul Husnan Wringin Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Jurusan Geografi, Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Yuswanti Ariani W, Dra, M.Si. (II) Purwanto, SPd, M.Si Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery, Outdoor Study, Kemampuan Berpikir Analitis. Penelitian tindakan kelas ini dilator belakangi kemampuan berpikir siswa tingkat tinggi masih rendah dalam topik pembelajaran geografi di kelas X IPS SMAI Raiyatul Husnan. Siswa cenderung menyimak pejelasan guru saja, disamping itu antusias siswa kurang untuk bertanya, menjawab, menanggapi, menganalisis. Siswa diberikan pertanyaan masih bingung mengaitkan dengan kehidupan nyata untuk alternatif dalam pemecahan masalah. Pendidik saat ini masih menggunakan pendekatan Teacher Centered Learning yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Pendidik kebanyakan menggunakan ceramah dan pemberian tugas. Biasanya pendidik hanya menerangkan atau membaca buku dalam proses pembelajaran dan setelah itu peserta didik diberi tugas untuk mengerjakan lembar kerja siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis Outdoor Study. Model pembelajaran ini merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang berbasis penemuan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis para peserta didik. Rancangan Penelitian Tindakkan Kelas (PTK) dengan desain dua siklus kegiatan belajar mengajar. Subyek penelitian tindakkan yaitu kelas X IPS SMAI Raiyatul Husnan Wringin Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 26 peserta. Penelitian ini menggunakkan instrument berupa soal essai sebanyak 4 butir dengan materi hidrosfer dan dampaknya bagi kehidupan berkaitan dengan indicator kemampuan berpikir analitis yang berujukan dari sebuah artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelasX IPS SMAI Raiyatul Husnan Wringin Kabupaten Bondowoso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai peserta didik meningkat. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 15,23 atau dalam persentase 21,67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89920

Actions (login required)

View Item View Item