Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN 1 Malang / Maftuhatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN 1 Malang / Maftuhatus Sholihah

Sholihah, Maftuhatus (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MAN 1 Malang / Maftuhatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholihah Maftuhatus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pebimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Group investigation Kemampuan Berpikir Analitis Tingkat Kecerdasan Siswa Latar belakang dipilihnya model pembelajaran Group Investigation didasarkan pada 1) model Group Investigation ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang menerapkan pendekatan saintifik (2) model Group Investigation membantu siswa lebih aktif dan mampu memecahkan masalah (3) model pembelajaran ini mampu membangun pengetahuan baru dan dinamika kelompok. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran yang membimbing siswa untuk aktif dalam mencari menginvestigasi materi atau permasalahan yang diberikan mampu bekerja sama berkomunikasi dengan baik dan menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analitis yang ditinjau dari tingkat kecerdasan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain post test only control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Group Investigation dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang. Instrumen yang digunakan berupa post-test berpikir analitis yang dibuat oleh peneliti dan data IQ dari sekolahan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan berbantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil Penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditinjau dari tingkat kecerdasan. Temuan tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82 15 daripada kelas kontrol yaitu 76 21. Signifikasi hasil Uji-t sebesar 0 031 dan Uji-F sebesar 0 036. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89918

Actions (login required)

View Item View Item