Penerapan scientific approach berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Gondanglegi / Yunis Ulfiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan scientific approach berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Gondanglegi / Yunis Ulfiana

Ulfiana, Yunis (2019) Penerapan scientific approach berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Gondanglegi / Yunis Ulfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulfiana Yunis. 2019. Penerapan Scientific Approach Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi kelas XI IPS 3 pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Univeritas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Scientific Approach Hasil Belajar Geografi Mata Pelajaran Geografi Siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi diketahui memiliki hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil nilai ulangan harian yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran geografi di sekolah ini adalah 75. Hasil dari ulangan harian pada kompetensi dasar posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim diketahui bahwa 61 29 % dari 31 siswa dikelas XI IPS 3 tidak tuntas dengan rata rata nilai 70 77. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar geografi dengan menerapkan Scientific Approach berbantuan Media Video di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus penerapan pembelajaran. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir dan soal esai 5 butir untuk pengukuran hasil belajar. Analisis hasil belajar geografi dengan cara membandingkan nilai rata-rata siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 di SMAN 1 Gondanglegi. Hasil penerapan Scientific Approach menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar geografi pada siklus I sebesar 74 08 dan siklus II sebesar 84. Persentase peningkatan hasil belajar geografi sebesar 13 39%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89916

Actions (login required)

View Item View Item