Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis studi lapangan pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang / Risky Krisna Ayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis studi lapangan pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang / Risky Krisna Ayu

Ayu, Risky Krisna (2019) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis studi lapangan pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang / Risky Krisna Ayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ayu Risky Krisna. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Studi Lapangan Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (II)Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D. Kata Kunci problem based learning studi lapangan kemampuan berfikir analitis Permasalahan dalam pembelajaran seringkali dialami oleh seorang guru. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan pada bulan Februari 2019 permasalahan yang terdapat di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang adalah rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa. Kemampuan berpikir analitis siswa rendah dapat diketahui dari jawaban soal esai materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan yakni dari 32 siswa hanya 14 siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah. Guna memperbaiki permasalahan tersebut dilakukan analisis penyebab dan penyelesaian masalah yangdidasarkan atas empat aspek yaitu (1) guru (2) siswa (3) sarana dan prasarana dan (4) strategi pembelajaran. Hasil analisis penyebab utama permasalahan rendahnya kemampuan berpikir analitis siswa adalah strategi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran masih didominasi dengan ceramah dan belum bersifat kontekstual.Dengan demikian model Problem Based Learningdengan latar belakang Studi Lapangandigunakan sebagai alternatif solusi pemecahan masalah rendahnya berpikir analitis siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS 2 SMAN 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah model dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri atas 2 (dua) siklus yang saling berhubungan. Setiap siklus melalui proses yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan berpikir analitis. Tes kemampuan berpikir analitis dilakukan setelah tindakan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Studi Lapangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Malang pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan karena terdapat keterkaitan antara kelebihan model Problem Based Learning berbasis Studi Lapangan dengan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir analitis. Keberhasilan tindakan ditunjukkan dengan peningkatan siklus I dan II setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Studi Lapangan. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu 80 0 dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 85 9 dengan peningkatan 5 9 atau 7 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89915

Actions (login required)

View Item View Item