Pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Unversitas Negeri Malang / Raniah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Unversitas Negeri Malang / Raniah Rahmawati

Rahmawati, Raniah (2019) Pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Unversitas Negeri Malang / Raniah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahmawati Raniah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi ProgramStudi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas NegeriMalang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M. Pd. (II)Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M. Si. Kata Kunci Model Pembelajaran DiscoveryTerbimbing Pemahaman Konsep Gaya Belajar Model pembelajaran discovery terbimbing merupakan pembelajaran yang mengutamakan belajar mencari dan menemukan sendiri. Dalam proses pembelajaran ini siswa diarahkan untuk menemukan konsep-konsep. Kelebihan dari discovery terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu pembelajaran ini cocok dengan berbagai macam cara belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran. Pemahaman konsep siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran dan gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh modelpembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi siswa dan (2)pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa.Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment)dengan desain postest only control grup. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah soal essai untuk mengukur pemahaman konsep dan angket untuk mengetahui gaya belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan validitas danreliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-F dengan bantuanSPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) model pembelajaran discoveryterbimbingberpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi siswa dan (2) modelpembelajaran discovery terbimbing tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografiditinjau dari gaya belajar siswa. Dari hasil temuanpertama analisis yang dilakukan terhadap pemahaman konsep geografi siswadiketahui bahwa nilai probabilitas adalah 0 00. Hasil tersebut menunjukkan nilaiprobabilitas 0 05 dengan kata lain H0 ditolak dan H1diterima. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan kedua diketahui bahwa nilaiprobabilitas adalah 0 548. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas 0 05 dengan kata lain Hipotesis 0 diterima dan Hipotesisalternatif ditolak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) bagi guru disarankanuntuk menerapkan model pembelajaran discovery terbimbing di kelas terutama pada mata pelajaran geografi (2) bagi peneliti lanjut disarankan untuk dapat mengkaji hasil temuan pada perbedaan selisisih matriks perhitungan rata-rata model discovery terbimbing dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89913

Actions (login required)

View Item View Item