Penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan LKS untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada kompetensi menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam siswa kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang / Fidya Ulya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan LKS untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada kompetensi menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam siswa kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang / Fidya Ulya

Ulya, Fidya (2019) Penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan LKS untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada kompetensi menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam siswa kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang / Fidya Ulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulya Fidya. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar dan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Kompetensi Menganalisis Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Pendekatan Saintifik Media Gambar LKS Hasil Belajar Geografi Siswa kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang diketahui memiliki hasil belajar geografi yang rendah. Rendahnya hasil belajar geografi siswa ditunjukkan dengan nilai ulangan akhir geografi pada semester ganjil. Nilai rata-rata hasil belajar geografi sebelum tindakan sebesar 73 53 dari 30 siswa. Dari 30 siswa 14 siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dalam nilai ulangan akhir geografi. Berhasil tidaknya pencapaian hasil belajar geografi didasarkan pada analisis penyebab masalah rendahnya hasil belajar geografi di kelas XI IPS 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan LKS di kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang. Rancangan penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu dimulai dengan tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terbatas pada hasil belajar siswa dalam materi jenis dan penanggulangan bencana alam. Penelitian ini menggunakan soal tes berjumlah 20 soal yang berupa 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian untuk mengukur hasil belajar geografi siswa yang dilaksanakan pasca tindakan. Analisis hasil belajar geografi dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata pada masing-masing tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan LKS dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMAN Jogoroto Kabupaten Jombang pada kompetensi jenis dan penanggulangan bencana alam. Rata-rata hasil belajar geografi pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 19 61% (10 59) menjadi 64 59.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89911

Actions (login required)

View Item View Item