Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Batu / Zakiyatul Afiyah

Afiyah, Zakiyatul (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Batu / Zakiyatul Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afiyah, Zakiyatul. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kelas XI IPS 1, InkuiriTerbimbing. Kegiatan pra tindakan di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Batu, diperoleh informasi bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan pemberian soal pre test berupa soal berpikir kritis (C4) yang terdiri dari lima butir soal essay. Nilai rata-rata kelas yaitu 53 dan termasuk dalam klasifikasi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti akan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi, khususnya materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dirasa efektif dan efisien dalam mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran ini bersifat kontekstual yaitu dengan mengaitkan antara konsep dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan bernalar yang dimiliki seseorang untuk memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat memahami materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan mempunyai alokasi waktu 3 x 45 menit. Penelitian ini mempunyai tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis. Pemberian soal tes pada setiap siklusnya digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis setiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1. Nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 62,14, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 73,06. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai dari siklus sebelumnya. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89907

Actions (login required)

View Item View Item