Pengaruh penggunaan model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) melalui aplikasi android "kobo collect" terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Dwi Fitrianti

Fitrianti, Dwi (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) melalui aplikasi android "kobo collect" terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang / Dwi Fitrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitrianti, Dwi. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Melalui Aplikasi Android Kobo Collect Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si (2) Drs. Rudi Hartono,M.Si. Kata Kunci: model pembelajaran EarthComm melalui aplikasi android Kobo Collect, Kemampuan Berpikir Spasial Model pembelajaran Earth Sience System In The Community (EarthComm) melalui aplikasi android Kobo Collect merupakan salah satu model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual dengan melibatkan keaktifan siswa untuk memperoleh dan membangun pemahamannya sendiri dalam memecahkan masalah terkait dengan sistem bumi. Dalam penerapannya, aplikasi android Kobo Collect ini dapat digunakan sebagai media untuk menginput data di lapangan yang akan memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari mata pelajaran goegrafi khususnya pada konsep keruangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Kemampuan berpikir spasial merupakan suatu kemampuan seseorang untuk memahami konsep ruang, representasi, dan penalaran dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model EarthComm melalui aplikasi android Kobo Collect terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah quaai experiment dengan menerapkan post test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Malang. Instrumen penelitian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diuji validatas dan reliabilitas. Soal essai diberikan sesudah perlakukan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Indepent Sample t-Test dengan menggunakan uji statistik parametik dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji t yang sudah dilakukan dibuktikan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir spasial siswa kelas eksperimen (81,55) lebih besar daripada kelas kontrol (75,37) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EarthComm melalui aplikasi android Kobo Collect berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang. Saran dapat diajukan kepada: (1) guru, agar menerapkan model pembelajaran dengan menyiapkan sintaks pembelajaran; (2) sekolah, agar membantu untuk memberikan fasilitas, referensi, dan dorongan kepada guru mengenai model pembelajaran EarthComm; (3) peneliti selanjutnya, dapat mengubah variabel terikatnya agar dapat mengetahui berpengaruh/tidak terhadap kemampuan berpikir lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89905

Actions (login required)

View Item View Item