Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kediri / Nur Azizah Diasy Istikomah

Istikomah, Nur Azizah Diasy (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kediri / Nur Azizah Diasy Istikomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Istikomah, Nur Azizah Diasy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Analitis, Motivasi Belajar Geografi Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dikembangkan dalam mata pelajaran geografi. Kemampuan berpikir analitis ini dapat dikembangkan dengan model pembelajaran yang tepat. Inkuiri Terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa. Pada model pembelajaran menggunakan Inkuiri Terbimbing terdapat tahapan-tahapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Tahapan pembelajaran tersebut terdiri dari 1) orientasi, 2) merumuskan masalah, 3) merumuskan hipotesis, 4) pengumpulan data, 5) analisis data, dan 6) menarik kesimpulan. Motivasi belajar dipilih sebagai variabel moderator dalam penelitian ini. Motivasi belajar merupakan daya penggerak dalam diri siswa yang berfungsi untuk memberi arahan dalm mencapai tujuan belajar yang diinginkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajaar geografi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kediri. Penelitian ini termasuk dalam jenis Quasi Experiment. Subyek penelitian adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa soal essai kemampuan bepikir dan angket motivasi belajar geografi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t dan uji-F (Analyslis of Variance). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kediri dan 2) model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kediri ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa. Pada temuan pertama, dibuktikan dengan signifikasi hasil uji-t sebesar 0.00 ≤ 0.05 dan rata-rata nilai kelas yang menggunakan model Inkuiri Terbimbing lebih tinggi (84.38) dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (74.35). Temuan kedua, hasil uji-F menunjukan signifikasi sebesar 0.022 ≤ 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari motivasi belajar geografi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kediri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89904

Actions (login required)

View Item View Item