Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada materi pengelolaan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi / Alfa Risma Purwita

Purwita, Alfa Risma (2019) Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada materi pengelolaan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi / Alfa Risma Purwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purwita, Alfa Risma. 2019. Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Siswa Kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: guided discovery learning, kemampuan berpikir analitis Pembelajaran di dalam kelas tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut yaitu rendahnya kemampuan berpikir analitis. Berdasarkan tes berpikir analitis pra tindakan, peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi memiliki kemampuan berpikir analitis yang rendah dengan rata-rata nilai 64,24. Analisis penyebab rendahnya kemampuan berpikir analitis yang terdiri dari (1) peserta didik; (2) guru; (3) sarana dan prasarana; (4) penerapan strategi pembelajaran, menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran merupakan penyebab utama rendahnya kemampuan berpikir analitis peserta didik. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Guided Discovery Learning. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi menggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi yang berjumlah 34 orang. Data diperoleh dari tes kemampuan berpikir peserta didik pada setiap siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal esai kemampuan berpikir analitis yang terdiri dari 6 soal. Hasil penelitian menunjukkan Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Berdasarkan temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis peserta didik pada siklus I sebesar 72,71 siklus II sebesar 81,88. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai kemampuan berpikir analitis dari siklus I ke siklus II sebesar 9,18 (12,62%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89902

Actions (login required)

View Item View Item