Penerapan pendekatan saintifik dilengkapi LKS pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang / Purwa Sasmita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik dilengkapi LKS pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang / Purwa Sasmita Rahayu

Rahayu, Purwa Sasmita (2019) Penerapan pendekatan saintifik dilengkapi LKS pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang / Purwa Sasmita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahayu Purwa Sasmita. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Dilengkapi LKS Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Hendri Purwito M.Si Kata Kunci Pendekatan Saintifik LKS Kemampuan Berpikir Analitis Berpikir analitis sangat diperlukan bagi siswa dalam kehidupan seharihari. Siswa akan menemui berbagai macam pilihan pada kehidupan sehari- hari untuk mencari piihan yang paling tepat kemampuan berpikir analitis sangat dibutuhkan. Kemampuan berpikir analitis merupakan salah aspek kognitif yang harus dikuasai oleh siswa. Hasil observasi pra penelitian yang dilakukan di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malang Terdapat sekitar 22 siswa dari 35 siswa yang mendapat nilai di bawah rata- rata atau sekitar 62.9%. data tersebut memperkuat bahwa terdapat beberapa siswa yang masih belum dapat menyelesaikan soal tipe C4 (Analisis). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Malang pada materi jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern dengan menerapkan pendekatan saintifik dilengkapi dengan LKS. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah penelitian yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus penelitian. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumalah 34 siswa di SMAN 8 Malang pada mata pelajaran geografi. Hasil Penelitian menunjukkan Penerapan Pendekatan Saintifik dilengkapi LKS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2. Pernyataan tersebut didukung oleh data dari setiap siklus yang meningkat. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 15 dari jumlah 22 siswa yang mengikuti tes atau 68.18% siswa telah tuntas dan 7 dari jumlah 22 siswa yang mengikuti tes atau 31.82% siswa belum tuntas. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 23 sswa dari jumlah 29 siswa yang mengikuti tes atau 79.31% telah tuntas dan 6 siswa dari jumalh 29 siswa yang mengikuti tes atau 20.68% belum tuntas. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 79.31% siswa telah tuntas dan melebihi 75% indikator keberhasilan maka dinyatakan bahwa perbaikan pembelajaran ini telah berhasil dan pendekatan saintifik dilengkapi dengan LKS mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 8 Malang. Pendekatan saintifik dilengkapi LKS pada data pelajaran geografi dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas agar dapat mingkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. SUMMARY Rahayu Purwa Sasmita. 2019. The Implementation Of Scientific Approach Complemented With LKS In Geography Subject To Improve Analytical Thinking XI IPS 2 Student at SMAN 8 Malang. Sarjana s Thesis. Departement of Geography Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisor(s) (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Hendri Purwito M.Si Keywords Scientific Approach LKS Analytical Thingking Analytical thinking is very necessary for students in everyday life. Student will encounter a variety of choices in daily life to find the choice that is most appropriate the ability to think analytically is needed. The ability to think analytically is a cognitive aspect that must be mastered by students. Pre-research observation results conducted in Class XI IPS 2 Malang 8 Public High School There were about 22 students from 35 students who scored below the average or around 62.9%. the data confirms that there are some students who still cannot solve the type C4 (Analysis) questions. The purpose of this study was to determine the improvement of students analytical thinking skills in class XI IPS 2 SMAN 8 Malang in the type of material and natural disaster management through education local wisdom and the use of modern technology by applying a scientific approach equipped with LKS. The design used in this study is Classroom Action Research (CAR) with research steps namely planning implementation observation and reflection. This research was conducted in two research cycles. the subject of this study was students of class XI IPS 2 with a total of 34 students in SMAN 8 Malang on geography subjects. The results of the study showed that the Application of the Scientific Approach with LKS was proven to be able to improve the ability of analytical thinking students of class XI IPS 2. The statement was supported by data from each cycle that increased. The results of the first cycle test were obtained as many as 15 of the 22 students who took the test or 68.18% of the students had completed and 7 of the 22 students who took the test or 31.82% of students had not yet completed. Then the cycle II results showed that 23 of the 29 students who took the test or 79.31% had completed and 6 students from a total of 29 students taking the test or 20.68% had not yet completed. With the increase that occurs in students who have reached 79.31% of students have completed and exceeded 75% of indicators of success it is stated that the improvement of learning has succeeded and the scientific approach equipped with LKS is able to improve the ability to think analytically XI IPS 2 students at Malang 8 High School . Scientific approach equipped with LKS on geography subjects can be an alternative for teachers in conducting learning in the classroom in order to improve students analytical thinking skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89901

Actions (login required)

View Item View Item