Cara belajar: (studi kasus siswa tunanetra pada pelajaran Biologi Di SMPN I Rengel Kabupaten Tuban) / Setiawan Gema Budi - Repositori Universitas Negeri Malang

Cara belajar: (studi kasus siswa tunanetra pada pelajaran Biologi Di SMPN I Rengel Kabupaten Tuban) / Setiawan Gema Budi

Budi, Setiawan Gema (2017) Cara belajar: (studi kasus siswa tunanetra pada pelajaran Biologi Di SMPN I Rengel Kabupaten Tuban) / Setiawan Gema Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budi SetiawanGema. 2017. Cara BelajarSiswaTunanetrapadaPelajaranBiologi di SMPN 1 RengelKabupatenTuban.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. WiwikDwiHastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si Kata Kunci Cara Belajar AnakBerkebutuhanKhususTunanetra Biologi SMP Pendidikanmerupakankebutuhandasarbagimanusiaataumahlukhidup.Pendidikanmerupakanhakdasaruntuksemuaindividu bahkanuntuksegalakondisidarisuatuindividutersebut.Pendidikanmerupakankebutuhanwajibbagisemuaindividu termasukuntukAnakBerkebutuhanKhusus (ABK).Kondisiseorang ABK terkadangmempengaruhitransfer of knowledgepadasiswaberkebutuhankhusus sebagaicontohsiswatunanetra yang memilikihambatanpengelihtan yang akanberdampakpadacarabelajarsiswa.Adanyahambataninimempengaruhicarabelajarsiswaselamapelajaranbiologipadasekolahumum (SMPN).Berdasarkanlatarbelakangtersebutrumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanacarabelajarsiswatunanetrapadapelajaranbiologi di SMPN 1 Rengel apakahfaktorpendukungdanpenghambatcarabelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahjenispenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Sumber data dibagimenjadiduayaknisumber data primer dansekunder.Teknikpengumpulan data yang digunakanyakniwawancara observasidanstudidokumentasidenganmetodeanalisisyakni model interktif.Hasilpenelitianiniyaitusiswamemilikigayabelajaraudiotorialdankinestetik yang cenderungmenggunakaninderapendengarandangerakanataumenyentuhnya. Faktorpendukungcarabelajarsiswayakniadanyapersiapansecarajasmani sarana tekaddanpikirandaripihakkeluarga siswamaupun guru. Faktorpengahambatdaricarabelajarsiswayaitu guru belummemilikiketerampilanmengajarsiswaberkebutuhankhusustunanetra kesulitanmenjelaskansoalbergambarsecaralisanserta guru belummemfasilitasisiswauntukmendapatkan softcopy materi yang bisadigunakansiswabelajardengan laptop denganaplikasipembacalayar. Kesimpulandaripenelitianiniyaiturepondenmengikutikelas regular yangdidukungpenuhdenganberbagaipersiapandarikeluarga sekolahdanlingkungan yang diwujudkandalampersiapansarana jasmani tekaddanpikiran.kategoripadacaraaudiotorialdankinestetik. Adanyakerjasama yang baikantarasekolahdankeluargamenjadifaktorpendukungcarabelajaarsiswasedangkanfaktorpenghambatyaitubelumadanya guru yang memilikikeahlianmengajarABK.Sarandaripenelitianinipenyajianmaterilebihmenekankan verbal/auditif. Hendaknyasiswadiikutsertakan di setiapmateripembelajaranterutamapadasaatpraktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item