Budi, Setiawan Gema (2017) Cara belajar: (studi kasus siswa tunanetra pada pelajaran Biologi Di SMPN I Rengel Kabupaten Tuban) / Setiawan Gema Budi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budi SetiawanGema. 2017. Cara BelajarSiswaTunanetrapadaPelajaranBiologi di SMPN 1 RengelKabupatenTuban.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasa FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. WiwikDwiHastuti S.Pd M.Pd (II) Drs. Ir. EndroWahyuno M.Si Kata Kunci Cara Belajar AnakBerkebutuhanKhususTunanetra Biologi SMP Pendidikanmerupakankebutuhandasarbagimanusiaataumahlukhidup.Pendidikanmerupakanhakdasaruntuksemuaindividu bahkanuntuksegalakondisidarisuatuindividutersebut.Pendidikanmerupakankebutuhanwajibbagisemuaindividu termasukuntukAnakBerkebutuhanKhusus (ABK).Kondisiseorang ABK terkadangmempengaruhitransfer of knowledgepadasiswaberkebutuhankhusus sebagaicontohsiswatunanetra yang memilikihambatanpengelihtan yang akanberdampakpadacarabelajarsiswa.Adanyahambataninimempengaruhicarabelajarsiswaselamapelajaranbiologipadasekolahumum (SMPN).Berdasarkanlatarbelakangtersebutrumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanacarabelajarsiswatunanetrapadapelajaranbiologi di SMPN 1 Rengel apakahfaktorpendukungdanpenghambatcarabelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahjenispenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Sumber data dibagimenjadiduayaknisumber data primer dansekunder.Teknikpengumpulan data yang digunakanyakniwawancara observasidanstudidokumentasidenganmetodeanalisisyakni model interktif.Hasilpenelitianiniyaitusiswamemilikigayabelajaraudiotorialdankinestetik yang cenderungmenggunakaninderapendengarandangerakanataumenyentuhnya. Faktorpendukungcarabelajarsiswayakniadanyapersiapansecarajasmani sarana tekaddanpikirandaripihakkeluarga siswamaupun guru. Faktorpengahambatdaricarabelajarsiswayaitu guru belummemilikiketerampilanmengajarsiswaberkebutuhankhusustunanetra kesulitanmenjelaskansoalbergambarsecaralisanserta guru belummemfasilitasisiswauntukmendapatkan softcopy materi yang bisadigunakansiswabelajardengan laptop denganaplikasipembacalayar. Kesimpulandaripenelitianiniyaiturepondenmengikutikelas regular yangdidukungpenuhdenganberbagaipersiapandarikeluarga sekolahdanlingkungan yang diwujudkandalampersiapansarana jasmani tekaddanpikiran.kategoripadacaraaudiotorialdankinestetik. Adanyakerjasama yang baikantarasekolahdankeluargamenjadifaktorpendukungcarabelajaarsiswasedangkanfaktorpenghambatyaitubelumadanya guru yang memilikikeahlianmengajarABK.Sarandaripenelitianinipenyajianmaterilebihmenekankan verbal/auditif. Hendaknyasiswadiikutsertakan di setiapmateripembelajaranterutamapadasaatpraktek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8990 |
Actions (login required)
View Item |