Perbandingan model pembelajaran group investigation dan pendekatan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Malang / Tutus Dwi Haryuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran group investigation dan pendekatan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Malang / Tutus Dwi Haryuni

Haryuni, Tutus Dwi (2019) Perbandingan model pembelajaran group investigation dan pendekatan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Malang / Tutus Dwi Haryuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryuni Tutus Dwi. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Geografi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Pendekatan Scientific Kemampuan Berpikir Spasial Group Investigation dan Pendekatan Scientific merupakan model dan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial. Model Group Investigation didik dituntut aktif dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Group Investigation dan Pendekatan Scientific terhadap kemampuan berpikir Spasial Rancangan Penelitian ini menggunakan Quasi Exsperiment dengan menggunakan pretest-posttest menggunakan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen A (X IPS 1) mendapatkan perlakukan model pembelajaran Group Investigation dan kelas eksperimen B (X IPS 2) mendapatkan perlakuan Pendekatan Scientific. Instrumen penelitian berupa soal tes essai kemampuan berpikir spasial yang diberikan setelah adanya perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen A memiliki rata-rata gain score sebesar 34 11 dan kelas eksperimen B sebesar 25 83. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai sebesar 0 012. Oleh karena itu nilai signifikan 0 012 0 05 maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir spasial menggunakan model Group Investigation dan Pendekatan Scientific.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89898

Actions (login required)

View Item View Item