Pengaruh model pembelajaran discovery terintegrasi LKPD berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi mitigasi bencana di SMA Negeri 1 Singosari / Ita Kurata Ayuni

Ayuni, Ita Kurata (2019) Pengaruh model pembelajaran discovery terintegrasi LKPD berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi mitigasi bencana di SMA Negeri 1 Singosari / Ita Kurata Ayuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ayuni, Ita Kurata. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terintegrasi LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Mitigasi Bencana di SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery, Kemampuan Berpikir Kritis Discovery learningmerupakan model pembelajaran yang memiliki kelebihan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran saat ini. Model discovery dipilih dalam penelitian ini dikarenakan beberapa faktor antara lain: 1) sesuai dengan kurikulum 2013; 2) membuat pemahaman siswa menjadi lebih mendalam karena pengetahuan baru dibangun berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki oleh siswa; 3) sesuai dengan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran geografi. Siswa melakukan penelitian dan penyelidikan di lapangan berdasarkan instruksi pada LKPD. Kegiatan tersebut membuat siswa berlatih untuk menganalisis suatu permasalahan yang ada di lapangan secara mendalam sehingga mampu meningkatkan kemampuan bernalar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery terintegrasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis saintifikterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana di SMA Negeri 1 Singosari. Rancangan pada penelitian eksperimen semu ini adalah posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS A sebagai kelas kontrol dan XI IPS B sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini terdiri dari 5 soal esai dan 10 soal objektif yang telah diuji validitas dan reabilitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 22.0 for windows Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,018 dengan perbedaan rata rata antar kedua kelas adalah -4,93548. Berdasarkan hasil tersebut nilai probabilitas 0,018 <0,05 dan nilai rata rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil tersebut dapat dijadikan pedoman untuk menentukan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singosari. Faktor yang menyebabkan model discovery learning dilengkapi LKPD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa antara lain: 1)siswa dilibatkan secara aktif dalam setiap sintaks pembelajaran; 2)siswa dihadapkan secara langsung dengan permasalahan di lapangan; 3) siswa dilatih untuk dapat mengevaluasi dan memecahkan masalah. Berdasarkan penelitian ini, guru disarankan menerapkan di kelas terutama pada mata pelajaran geografi sebagai salah satu variasi model dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Peneliti selanjutnya disarankan dapat memberikan variabel moderator atau mengganti variabel terikat dan bisa ditambah dengan alat atau media untuk mendukung pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89897

Actions (login required)

View Item View Item