Violina, Tria Arta (2019) Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada kompetensi atmosfer siswa kelas X MIA SMAN 3 Batu / Tria Arta Violina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Violina Tria Arta. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Atmosfer Siswa Kelas X MIA SMAN 3 Batu. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M. Si. (2) Drs. Djoko Soelistijo M. Si. Kata Kunci Model Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai basis utamanya. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk dapat aktif terlibat dalam kegiatan belajar terutama untuk memecahkan permasalahan yang telah diberikan. Implementasi PBL diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada kompetensi atmosfer siswa kelas X MIA SMAN 3 Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Group Design. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol merupakan kelas yang tidak diberi perlakuan sedangkan kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapatkan perlakuan khusus berupa penggunaan model PBL. Pemilihan kelas dilakukan dengan mencari dua kelas dengan nilai yang hampir sama lalu penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan merupakan soal esai yang berjumlah 5 soal. Uji coba instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas. Data yang diperoleh diuji menggunakan Uji-T dengan software SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Hal ini diketahui melalui hasil Uji-T yang menunjukkan nilai sig 0 00 yakni
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89896 |
Actions (login required)
View Item |