Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAK Santa Maria Malang ditinjau dari motivasi belajar pada mata pelajaran geografi / Monica Mega Suhartiwi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAK Santa Maria Malang ditinjau dari motivasi belajar pada mata pelajaran geografi / Monica Mega Suhartiwi Putri

Putri, Monica Mega Suhartiwi (2019) Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAK Santa Maria Malang ditinjau dari motivasi belajar pada mata pelajaran geografi / Monica Mega Suhartiwi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Monica Mega Suhartiwi.2019.Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAK Santa Maria Malang Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata kunci model pembelajaran guided discovery kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar Guided discovery merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan kemampuan berpikir kreatif dengan cara memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui studi lapangan secara terbimbing. Model tersebut memiliki keunggulan mengaktifkan siswa dalam usaha penemuan mendorong siswa untuk peka terhadap permasalahan kependudukan yang ada di sekitarnya dan mendorong siswa berinteraksi secara intens dengan teman sejawatnya melalui diskusi dan tanya jawab untuk menghasilkan gagasan dan jawaban yang relevan. Namun belum diketahui pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tinajuan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAK Santa Maria Malang ditinjau dari motivasi belajar pada mata pelajaran geografi. Rancangan pada penelitian ini ialah quasi experiment with pre-test post-test control group yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran guided discovery dan kelas XI IPS 2 yang tidak diberi perlakuan sehingga menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Instrumen penelitian menggunakan soal esai sejumlah 4 butir yang sudah diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada kelas lain yang tidak menjadi subjek penelitian. Teknik analisis menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for windows yang juga digunakan untuk menghitung uji normalitas uji homogenitas uji hipotesis dengan independent sample t-test dan uji ANOVA (uji-F). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kependudukan di Indonesia. Hal tersbeut dibuktikan dengan gain score kelas yang menggunakan model guided discovery lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Adanya pengaruh model guided discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif tidak lepas dari keunggulan model yaitu melatih siswa untuk melakukan kegiatan penemuan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dan menemukan gagasan-gagasan baru dari hasil temuan yang dilakuakan. Siswa dengan motivasi yang tinggi cenderung mempunyai rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif yang tinggi pula dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi yang sedang atau rendah. SUMMARY Putri Monica Mega Suhartiwi.2019.The Influence of Guided Discovery Learning Model to Creative Thinking Ability of Students at SMAK Santa Maria Malang in Terms of Motivation in Geography Subjects. Thesis Geography Department Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Supervisior (I) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Drs. Rudi Hartono M.Si. Keywords guided discovery learning creative thinking motivation The guided discovery is a learning activity that improve creative thinking skills by providing direct experience to students through guided field studies. The model has the advantage of activating students in the discovery endeavor encouraging students to be sensitive to population problems around them and encouraging students to interact intensely with their peers through discussion and question and answer to generate relevant ideas and answers. However it is not yet known the effect of the learning model on the ability to think creatively in the progress of learning motivation. The purpose of this study is to explain the influence of guided discovery learning models on the creative thinking abilities of students at Santa Maria Malang High School in terms of motivation in geography subjects. The method in this study is quasi experiment with pre-test post-test control group which is included in quantitative research. The subject of this study was XI IPS 3 class as an experimental class treated with guided discovery learning and untreated XI IPS 2 classes so as to use conventional learning models (lectures). The research instrument uses essay questions of 4 items that have been tested using validity tests and reliability tests in other classes that are not the subject of research. The analysis technique used uses statistical methods with the help of SPSS 16.00 for windows program which is also used to calculate the normality test homogeneity test hypothesis testing with independent sample t-test and ANOVA test (F-test). The results showed that the application of guided discovery learning models had a significant effect on students creative thinking skills in population material in Indonesia. This is evidenced by the class gain score using the guided discovery model higher than the conventional model. The influence of the guided discovery model on the ability to think creatively is inseparable from the superiority of the model which is to train students to carry out discovery activities so they can solve problems and find new ideas from the findings they do. Students with high motivation tend to have an average value of high creative thinking ability also compared to students who have moderate or low motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89895

Actions (login required)

View Item View Item