Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS MAN 8 Jombang / Nur Hayati

Hayati, Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS MAN 8 Jombang / Nur Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPS MAN 8 Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si., (II) Dr. Didik Taryana, M.Si. Kata Kunci: Learning Cycle 7E, kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu kompetensi yang penting dimiliki siswa. Namun kenyataannya, kemampuan berpikir tingkat siswa masih sangat rendah. Oleh karena itu, pemilihan model dalam proses belajar mengajar merupakan hal sangat penting untuk membuat siswa menjadi lebih tertarik pada pembelajaran yang akan dilangsungkan. Learning Cycle 7E dipilih berdasarkan kelebihan yang salah satunya dapat menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru sehingga pembelajaran lebih bermakna. Learning Cycle 7E melalui tahapan mendatangkan kemampuan awal siswa terhadap pelajaran (elicit), memberikan informasi dan pengalaman (engage), menyelidiki konsep eExplore), menjelaskan (explain), menerapkan (elaborate), menilai (evaluate), dan memperluas (extend). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian posstest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 terdapat 24 siswa dan kelas XI IPS 2 terdapat 25 siswa. Penelitian ini menggunakan Instrumen soal yang di buat dari pengembangan kisi-kisi yang sesuai dengan materi mitigasi bencana yang berjumlah 5 soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk menguji hipotesis.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS MAN 8 Jombang. Hal tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menggunakan model Learning Cycle 7E lebih baik (70,62) dibandingkan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut (68,6).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89894

Actions (login required)

View Item View Item