Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Lawang / Dian Erma Febriana

Febriana, Dian Erma (2019) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Lawang / Dian Erma Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febriana, Dian Erma. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Analitis, Motivasi Belajar Siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Lawang diketahui memiliki kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar yang rendah. Rendahnya kemampuan berpikir analitis dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan, dari 36 siswa diperoleh nilai rata-rata 6,75 yang tergolong dalam cukup, sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang rendah berdasarkan hasil angket yang sudah dikerjakan. Dari 36 siswa terdapat 15 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, selebihnya motivasi mereka rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran Discovery. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Lawang menggunakan model pembelajaran Discovery. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Lawang yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari enam langkah proses pembelajaran yang meliputi 1) stimulation, 2) problem statement, 3) data collection, data processing, dan 6) generalization. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan berpikir analitis dan angket motivasi belajar. Tes kemampuan berpikir analitis dilakukan setelah tindakan siklus I dan siklus II, sedangkan angket motivasi belajar dibagikan sebelum tindakan dan setelah tindakan. Instrumen berpikir analitis terdiri dari 4 soal esai dengan 12 poin pertanyaan, sedangkan instrumen motivasi belajar terdiri dari 20 poin pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Lawang. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa pada siklus I adalah 68,9 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,9, sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa pra penelitian adalah 65.9 dan pada pasca tindakan 73,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir analitis dari siklus I ke siklus II sebesar 13,9 (20,17%), sedangkan peningkatan motivasi belajar pra tindakan dan pasca tindakan sebesar 7,5 (11,4).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89891

Actions (login required)

View Item View Item