Hakim, Muhammad Al Furqan (2019) Hambatan guru geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam menyusun Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) / Muhammad Al Furqan Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Hakim Muhammad Al Furqan. 2019. Hambatan Guru Geografi SMA Negeri di Kota Malang dalam Menyusun Unit Kegiatan Belajar mandiri (UKBM). Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd. M.Si. (II) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Hambatan Guru Geografi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Kurikulum 2013 revisi memberlakukan muatan baru berupa program Sistem Kredit Semester (SKS). Program SKS pada penerapannya menggunakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). UKBM berisi kegiatan belajar yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang harus diselesaikan peserta didik dalam satu semester. UKBM terdiri dari empat komponen.. Selain memuat komponen UKBM memiliki beberapa karakteristik. Total ada sepuluh karakteristik UKBM. Selain komponen dan karakteristik terdapat juga prinsip UKBM. Terdapat sepuluh prinsip yang harus ada di dalam UKBM. Banyaknya ketentuan yang harus diperhatikan dalam menyusun UKBM yang baik menjadikan guru mengalami hambatan. Maka dari perlu dilakukan penelitian mengenai hambatan guru dalam menyusun Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang mencari informasi tentang suatu gejala dan merumuskan dengan jelas tujuan yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hambatan guru geografi SMA Negeri Kota Malang dalam menyusun Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Subjek penelitian ini adalah satu guru geografi setiap sekolah di SMA Negeri Kota Malang yang menyusun UKBM sendiri berjumlah 8 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah jawaban angket tentang hambatan guru dalam menyusun UKBM diolah dengan langkahlangkah tertentu. Langkah-langkah pengolahan data dalam penelitian ini meliputi skoring dan tabulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel 1 sebagian besar (62 5%) guru geografi tidak mengalami hambatan menyusun komponen UKBM. Kemudian variabel 2 dan 3 menunjukan hasil yang sama yaitu hampir semua (87 5%) guru geografi tidak mengalami hambatan dalam menyusun karakteristik dan prinsip UKBM. Guru geografi tidak mengalami hambatan dalam menyusun UKBM karena sudah terbiasa dalam menyusun UKBM. Selain itu saat MGMP terdapat workshop pelatihan menyusun UKBM. Belum lagi di sekolah masingmasing terkadang juga melakukan pelatihan membuat UKBM bersama. Meskipun secara keseluruhan guru tidak mengalami hambatan terdapat sebagian kecil aspek yang mwnghambat. Aspek tersebut serperti pembuatan kegiatan berupa HOTS penyusunan kegiatan yang dapat mengaktualisasikan potensi belajar peserta didik sebagai pembelajar cepat sedang lambat dan membuat kegiatan dalam UKBM yang dapat digunakan berbagai model sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang bervariasi. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89890 |
Actions (login required)
View Item |