Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang dalam perspektif gaya belajar / Rizki Astiananda

Astiananda, Rizki (2019) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang dalam perspektif gaya belajar / Rizki Astiananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astiananda, Rizki. 2019. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang Ditinjau dalam Perspektif Gaya Belajar. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci : PBL, keterampilan berpikir spasial, gaya belajar Berpikir spasial merupakan keterampilan fundamental yang penting untuk dimiliki dalam menghadapi tantangan kehidupan abad 21. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui pembelajaran geografi di sekolah. Namun pada kenyataanya, pembelajaran geografi masih bersifat parsial, sehingga belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir spasial. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan aspek gaya belajar siswa dapat mengoptimalkan pengembangan keterampilan berpikir spasial. PBL merupakan model pembelajaran dengan banyak keunggulan-keunggulan yang diduga dapat meningkatkan keterampilan berpikir spasial, sehingga tepat untuk digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir spasial dan pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir spasial siswa ditinjau dalam perspektif gaya belajar. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan pre-test-post-test control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 6 Malang. Subjek tersebut terdiri atas 48 siswa, dengan rincian 24 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan 10 soal esai untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-f. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa dan juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial ditinjau dalam perspektif gaya belajar. Rata-rata gain score siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibanding siswa kelas kontrol. Rata-rata gain score siswa kelas eksperimen pada setiap gaya belajar juga menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibanding siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 untuk hipotesis pertama dan 0,001 untuk hipotesis kedua. Kedua nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,005, sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa dan juga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial siswa ditinjau dalam perspektif gaya belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89888

Actions (login required)

View Item View Item