Pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan geografi siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang / Waldati Bariroh

Bariroh, Waldati (2019) Pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan geografi siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang / Waldati Bariroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bariroh, Waldati. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (2) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran REACT, Keterampilan Geografi. Keterampilan geografi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Keterampilan geografi dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran oleh guru. Tetapi belum banyak guru menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan geografi. REACT merupakan model pembelajaran kontekstual yang menekankan pada kebermaknaan melalui pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pada model pembelajaran REACT terdapat keunggulan-keunggulan yang dapat meningkatkan keterampilan geografi. Namun, belum diketahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan geografi siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian jenis Quasi Experiment. Subyek penelitian adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunaan berupa soal essai keterampilan geografi. Teknik analisis data dilaukan dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajran REACT berpengaruh kepada keterampilan geografi siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang. Temuan ini dibuktikan dengan signifikan hasil uji-t sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan rata-rata gainscore kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT lebih tinggi (14,5) dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajran REACT (4,5). Kegiatan yang berpengaruh pada keterampilan geografi siswa diantaranya siswa dapat mengaitkan pengetahuan awal dengan materi yang diajarkan, siswa dapat menemukan sendiri konsep materi yang dipelajari, siswa dapat menerapkan dalam konteks yang bermakna, dan siswa dapat menerapkan onsep pada konteks yang berbeda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu kompetensi pendidik yang memadahi, instrumen yang rinci, dan membiasakan siswa mengasah keterampilan geografi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89885

Actions (login required)

View Item View Item