Persepsi dan hambatan siswa SMA Negeri di Kota Malang terhadap penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran geografi / Atia Arifiana

Arifiana, Atia (2019) Persepsi dan hambatan siswa SMA Negeri di Kota Malang terhadap penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran geografi / Atia Arifiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifiana, Atia. 2019. Persepsi dan Hambatan Siswa SMA Negeri Di Kota Malang terhadap Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd, M.Si, (2) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si Kata Kunci: Persepsi, Hambatan, Sistem Kredit Semester (SKS) Sistem Kredit Semester (SKS) masih menjadi hal baru bagi siswa. SKS baru diterapkan secara menyeluruh sejak tahun ajaran 2015/2016. SKS merupakan program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya. Penerapan program baru ini tentunya memunculkan berbagai kesenjangan bagi guru maupun siswa. Melalui upaya-upaya yang tepat diharapkan kesenjangan tersebut dapat segera diketahui sehingga dapat diminimalisir dengan baik. Persepsi siswa dapat menjadi salah satu alat untuk mengetahui tingkat keberhasilan program SKS. Hal ini karena persepsi setiap orang berbeda-beda tergantung respon tersebut positif maupun negatif. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peersepsi dan hambatan siswa SMA Negeri di Kota Malang terhadap penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang mencari informasi tentang suatu gejala dan merumuskan dengan jelas tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini tidak memberikan perlakuan khusus pada objek penelitian sehingga seluruh kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kota Malang yang menempuh mata pelajaran geografi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik ini dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan kepada siswa sebagai responden untuk diberi jawaban. Pernyataan yang harus dijawab oleh siswa berjumlah 26 butir. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi beberapa langkah yaitu penyekoran, tabulasi, kemudian dilakukan kualifikasi. Penyekoran pada penelitian ini menggunkan skala Likert dengan modifikasi untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang mengenai fenomena tertentu. Hasil dalam penelitian ini meliputi persepsi dan hambatan siswa terhadap penerapan SKS. Persepsi siswa terhadap penerapan SKS terdapat tiga subvariabel yaitu persepsi siswa terhadap sistem pengelolaan (56,5%) positif, persepsi siswa terhadap sistem pembelajaran (64%) netral, dan persepsi siswa terhadap sistem penilaian (59,8%) positif. Sedangkan untuk hambatan yaitu (71,5%) siswa mengalami hambatan dalam mengikuti pembelajaran dan (71,5%) siswa mengalami hambatan dalam mengikuti penilaian. Dengan demikian, persepsi siswa tergolong netral hingga positif dan siswa mengalami hambatan terhadap penerapan SKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89884

Actions (login required)

View Item View Item