Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang / Hawin Rahma Maulidia

Maulidia, Hawin Rahma (2019) Pengaruh model pembelajaran Earth Science System in the Community (EARTHCOMM) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang / Hawin Rahma Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Maulidia, Hawin Rahma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran EarthComm terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran EarthComm, Sikap Peduli Lingkungan Latar belakang dipilihnya model pembelajaran EarthComm didasarkan pada tiga alasan. Alasan tersebut yaitu: (1) model pembelajaran EarthComm sesuai dengan kurikulum 2013, (2) model pembelajaran EarthComm mampu mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat terkait dengan sistem bumi, dan (3) model pembelajaran EarthComm dapat mempengaruhi sikap peduli lingkungan siswa. Model pembelajaran EarthComm adalah model pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari materi sistem bumi terdiri dari geografi fisik meliputi atmosfer, hidrosfer, geosfer, kriosfer, dan biosfer dalam kajian geografi manusia dengan melibatkan keaktifan siswa untuk memperoleh pengetahuan Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran EarthComm terhadap sikap peduli lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain post test only control group. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran EarthComm dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model. Subyek dalam penelitian, siswa kelas X Lintas Minat SMAN 9 Malang Instrumen yang digunakan berupa angket sikap peduli lingkungan yang dibuat oleh peneliti terdahulu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-t dengan berbantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran EarthComm berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 79,28 daripada kelas kontrol yaitu 74,90. Pada perhitungan Uji-t diperoleh signifikasi 0,030. Hasil tersebut menunjukkan nilai probabilitas < 0,05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolah dan (H1) diterima. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru disarankan untuk menerapkan model pada mata pelajaran Geografi, (2) bagi sekolah disarankan untuk memberikan kemudahan bagi guru maupun siswa untuk menerapkan model EarthComm, (3) bagi peneliti lanjut disarankan untuk dikombinasikan dengan media maupun melakukan modifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89880

Actions (login required)

View Item View Item