Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMA Negeri 1 Panggul / Khutwatul Khoiriyah

Khoiriyah, Khutwatul (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMA Negeri 1 Panggul / Khutwatul Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Khoiriyah, Khutwatul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis peserta didik SMA Negeri 1 Panggul. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si Kata Kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Analitis Kemampuan berpikir analitis sangat diperlukan dalam menghadapi perkembangan jaman. Pemilihan model pembelajaran dirasa perlu sebagai upaya untuk mengatasi kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpikir analitis. Peneliti memilih model pembelajaran kooperatif Group Investigation untuk mengatasi kemampuan berpikir analitis peserta didik karena model tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintifik yang pembelajarannya tidak berpusat pada guru melainkan pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran GI pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panggul. Penelitian ini merupakan penelitian Experiment menggunakan rancangan penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah 7 butir soal yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Uji prasyarat menggunakan terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panggul pada mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana. Hal ini dibuktikan dengan hasil test kemampuan berpikir analitis rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,10 dibandingkan rata-rata kelas kontrol yaitu 64,50. Hasil uji hipotesis dengan nilai sig.(2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 atau dengan kata lain sig.(2-tailed) < (0,05). Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Panggul. Berdasarkan temuan penelitian diajukan 2 saran. Pertama, kepada guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran GI pada mata pelajaran geografi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (kontekstual) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Kedua, peneliti selanjutnya disarankan untuk memperbaiki dalam pembagian kelompok. Sebaiknya dalam satu kelompok terdapat 5 orang untuk meratakan jobdesk masing-masing anggota kelompok dan apabila jumlah kelompok lebih banyak, maka topik yang dibahas dan informasi yang didapatkan dari hasil investigasi akan lebih beragam. Selain itu untuk lokasi penelitian sebaiknya berada dalam 1 tempat untuk mempermudah pemantauan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89879

Actions (login required)

View Item View Item