Identifikasi problematika yang dihadapi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi di SMA Negeri Kabupaten Kediri / Ana Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi problematika yang dihadapi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi di SMA Negeri Kabupaten Kediri / Ana Wahyuni

Wahyuni, Ana (2019) Identifikasi problematika yang dihadapi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi di SMA Negeri Kabupaten Kediri / Ana Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wahyuni Ana. 2019. Identifikasi Problematika yang Dihadapi Guru Geografi dalam Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi Di SMA Negeri Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Drs. Marhadi Slamet Kistianto M.Si Kata Kunci Problematika Guru Kurikulum. Kurikulum 2013 edisi revisi baru diterapkan secara menyeluruh pada tahun ajaran 2017/2018 di Kabupaten Kediri. Kurikulum 2013 revisi merupakan perbaikan dari kurikulum 2013. Penerapan kurikulum ini memunculkan berbagai keluhan-keluhan yang dialami guru. Melalui upaya-upaya yang tepat diharapkan keluhan-keluhan tersebut dapat segera diketahui sehingga dapat diminimalisir dengan baik. Problematika atau hambatan guru dapat menjadi salah satu alat untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan kurikulum 2013 edisi revisi. Hal ini karena hambatan setiap guru berbeda-beda. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi di SMA Negeri Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang mencari informasi tentang suatu gejala dan merumuskan dengan jelas tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini tidak memberikan perlakuan khusus pada objek penelitian sehingga seluruh kegiatan atau peristiwa berjalan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Kediri yang menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik ini dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan kepada guru sebagai responden. Pernyataan yang harus dijawab oleh guru berjumlah 30 butir. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi beberapa langkah yaitu penyekoran tabulasi kemudian dilakukan kualifikasi. Penyekoran pada penelitian ini menggunkan skala Likert dengan modifikasi untuk mengukur sikap pendapat dan persepsi seseorang mengenai fenomena tertentu. Hasil dalam penelitian ini berupa problematika yang dihadapi guru terhadap implementasi kurikulum 2013 revisi. Problematika tersebut dibagi menjadi tiga subvariabel yaitu hambatan dalam perencanaan pembelajaran (59 09%) dikategorikan tidak mengalami hambatan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran (67 56%) dikategorikan mengalami hambtan dan hambatan dalam penilaian hasil belajar (65%) dikategorikan mengalami hambatan. Dengan demikian guru mengalami hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar. ii SUMMARY Wahyuni Ana. 2019. Problems Identification Experienced By Geography Teacher In Implementing Revised 2013 Curriculum At Kediri Senior High School. Thesis. Department of Geography Faculty of Social Sciences Universitas Negeri Malang. Advisor (1) Drs. Hadi Soekamto S.H. M.Pd M.Sc (2) Drs. Marhadi Slamet Kistianto M.Si. Keywords Problems Teachers Curriculum Revised 2013 curriculum was widely implemented in Kediri regency during 2017/2018 academic year. Revised 2013 curriculum was the refinement of the previous 2013 curriculum. The implementation of revised 2013 curriculum brought out various complaints experienced by teacher. Through an appropriate effort it was expected that the complaints could be immediately minimalized. Problems or obstacles experienced by teacher could be the measurment to understand the success level of revised 2013 curriculum implementation. Since the problems experienced by teacher are different from each other. Thus this research aims to identify the problems experienced by geography teacher in implementing revised 2013 curriculum at kediri senior high school. This research is a quantitative descriptive research. Quantitative research was a research which seek for information regarding a phenomenon and clearly formulize the objective. This research gave no spesific treatment upon research subject so every activity or activity occured as it did. The research subject is all teachers in Kediri residence Senior High School which implement revised 2013 curriculum. This research used questionnaire as the data collecting technique. This technique was done by gaving a set of question to teachers as respondance. There were 30 items that should be answered by respondance. The data analysis was conducted through three steps such as scoring tabulation and qualification. Scoring in this research used Lickert Scale with modification to measure respondace s attitude opinion and perception toward certain phenomenon. The result in this research was problems which experienced by teacher in implementing revised 2013 curriculum. The problems were divided into three subvariables namely obstacles in planing learning activity (59 09%) which belonged to not experiencing obstacles obstacles in conducting learning activity (67 56%) which belonged to experiencing obstacles obstacles in assessing learning achievement (65%) which belonged to experiencing obstacles. Based on the research it was known that teacher exp obstacles in conducting learning activity and assessing learning achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89876

Actions (login required)

View Item View Item