Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa kelas X IPS SMAN 6 Malang / Maslakha Naena

Naena, Maslakha (2019) Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa kelas X IPS SMAN 6 Malang / Maslakha Naena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Naena, Maslakha. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Siswa Kelas X IPS SMAN 6 MALANG. Skripsi, Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si. Kata Kunci: model pembelajaran inquiry terbimbing, kemampuan berpikir analitis, tingkat kecerdasan siswa Model pembelajaran inquiry terbimbing dipilih untuk dieksperimenkan karena memiliki beberapa alasan. Alasan tersebut meliputi: 1) Model pembelajaran inquiry terbimbing sesuai dengan kurikulum 2013, 2) model pembelajaran inquiry terbimbing sejalan dengan teori kontruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa dan pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Pemilihan subyek penelitian tersebut karena kedua kelasmemiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Instrumen penelitian ini menggunakan soal essay yang mengukur kemampuan berpikir analitis, danhasil tes IQ yang diperoleh dari pihak sekolah berupa dokumen pribadi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji-t dan Uji-F dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) model pembelajaran inquiry terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, dan (2) model pembelajaran inquiry terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasan siswa. Dari hasil temuan pertama, Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis yang dilakukan pada temuan kedua menunjukkan bahwa Hₒ ditolak, sehingga menerima H1, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari tingkat kecerdasannya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru disarankan sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman secara nyata dan bermakna bagi siswa, (2) bagi sekolah disarankan untuk menyediakan fasilitas memadai agar mempermudah pelaksanaan model pembelajaran inquiry terbimbing, dan (3) bagi peneliti lanjut disarankan untuk memberikan variasi dan mengkombinasikan model pembelajaran inquiry terbimbing dengan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89875

Actions (login required)

View Item View Item