Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMAN 1 Batu / Linda Febri Haurina

Haurina, Linda Febri (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMAN 1 Batu / Linda Febri Haurina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Haurina, Linda Febri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si Kata Kunci: model pembelajaran Group Investigation (GI), kemampuan berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis diperlukan bagi siswa sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir analitis tinggi diharapkan dapat lebih mudah menghadapi segala situasi. Siswa akan lebih mudah mengatasi permasalahan baik dalam dirinya sendiri, lingkungan sekitar, maupun lingkungan sekolah. Kemampuan berpikir analitis siswa dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis yaitu model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation merupakan pembelajaran kooperatif yang paling kompleks karena dalam setiap tahapannya melibatkan siswa secara penuh. Model pembelajaran Group Investigation mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa, hal ini dikarenakan dalam pembelajarannya memberikan kesempatan pada siswa untuk saling bekerjasama memecahkan topik permasalahan sampai melakukan investigasi sendiri secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini termasuk dalam quasi experiment dengan posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir analitis menggunakan tes yang berupa soal esai. Analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan (Independent Sampel t-test) dengan signifikansi 0,05 dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran yaitu guru disarankan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi geografi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Bagi sekolah diharapkan mendukung dan memfasilitasi pembelajaran yang menggunakan model Group Investigation baik yang dilakukan disekolah maupun diluar sekolah agar pembelajaran berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89874

Actions (login required)

View Item View Item