Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang / Reva Fadul Allah Dian Presilia

Presilia, Reva Fadul Allah Dian (2019) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang / Reva Fadul Allah Dian Presilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Presilia, Reva. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Untuk Menigkatkan Minat & Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto,. (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si. Kata Kunci : Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar. Minat belajar yang sangat tinggi diperlukan dalam menunjang proses belajar siswa. Minat belajar yang tinggi mampu menunjang hasil belajar siswa, sebaliknya minat belajar yang rendah mampu memberikan dampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Hasil observasi pada pra tindakan menyatakan siswa sangat kurang berminat terhadap mata pelajaran geografi. Ditambah banyak siswa yang mendapat nilai remedial atau nilai dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebagai solusi alternatif permasalahan pembelajaran, dapat melalui Pembelajaran dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar. Diharapkan dengan penelitian ini, mampu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Peneliti terlibat dalam keseluruhan proses penelitian, mulai dari pra tindakan, perencanaan, penyusunan bahan ajar, pelaksanaan, pengumpulan data, dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan kuesioner. Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan lembar observasi, hasil belajar menggunakan tes sedangkan minat belajar menggunakan kuesioner. Hasil belajar diukur menggunakan indikator kompetensi, sedangkan minat menggunakan indikator minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat belajar. Berdaerkan keterangan obsever peningkatan terlihat saat proses pembelajaran siklus II berlangsung. Siswa mampu mengidentifikasi tugas dengan baik saat observasi lapangan. Pelaksanaan pembelajaran siklus II lebih terstruktur, setelah sebelumnya hasil diskusi refleksi siklus I dilakukan perbaikan. Keberhasilan pada rata-rata nilai minat rata-rata 82,95 pada siklus I lalu meningkat lagi menjadi 82,95 pada siklus II . Peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 44,464 saat pra tindakan meningkat menjadi 51,58 pada siklus I dan mengalami peningkatkan pada siklus II sebesar 66,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang. Berdasarkan kesimpulan diatas, terdapat beberapa hal sebagai berikut : (1) Keberhasilan penelitian berdasarkan kualitatif yakni ketika peningkatan proses pembelajaran pada siklus II. (2) Peningkatan kuantitatif berdasarkan peningakatan minat belajar dan hasil belajar siswa. (3) Demikian dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89873

Actions (login required)

View Item View Item