Wijayanti, Setia (2019) Validasi buku teks geografi kelas XI pada kompetensi dasar menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem / Setia Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Wijayanti Setia. 2019. Validasi Buku Teks Geografi Kelas XI pada Kompetensi Dasar Menganalisis Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Berdasarkan Karakteristik Ekosistem. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si. (2) Drs. Rudi Hartono M.Si. Kata Kunci Validasi Buku Teks Kompetensi Dasar Buku teks berperan penting sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Buku teks yang benar harus memenuhi keseluruhan aspek dalam buku teks. Berdasarkan pernyataan tersebut maka perlu dilakukan validasi pada buku teks. Validasi adalah pengamatan lebih lanjut pada buku teks yang digunakan oleh peserta didik dan guru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa dan keberfungsian media dalam buku teks. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Geografi kelas XI pada terbitan Mediatama tahun 2016 khususnya pada kompetensi dasar menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan dokumen sebagai objek analisis. Melalui penelitian ini peneliti melakukan analisis untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks yang digunakan. Buku teks dipilih berdasarkan hasil observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa 7 dari 10 SMA Negeri di Kota Malang menggunakan buku Geografi terbitan Mediatama tahun 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan sebesar 14 93% menunjukkan bahwa tingkat validitas buku teks tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dengan temuan hasil penelitian aspek-aspek validasi buku teks yang meliputi 1) kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong sedang karena terdapat kesalahan sebesar 6 06% 2) kebenaran konsep tergolong sedang karena terdapat kesalahan sebesar 18 18% 3) kebenaran bahasa tergolong sedang karena terdapat kesalahan tanda baca sebesar 9 94% dan 4) keberfungsian media tergolong rendah karena terdapat media yang tidak berfungsi sebesar 25 53%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89871 |
Actions (login required)
View Item |