Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis permainan monopoli pada materi lingkungan hidup kelas XI SMA Negeri / Hilda Ervica Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis permainan monopoli pada materi lingkungan hidup kelas XI SMA Negeri / Hilda Ervica Rachman

Rachman, Hilda Ervica (2019) Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis permainan monopoli pada materi lingkungan hidup kelas XI SMA Negeri / Hilda Ervica Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachman Hilda Ervica. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Permainan Monopoli Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI IPS SMA Negeri. Skripsi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Permainan Monopoli (Geopoly) Lingkungan Hidup Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu menyampaikan materi kepada siswa atau sebaga alat bantu menyampaikan materi maka dibutuhkan media yang inovatif. Pengembangan dilakukan pada media berbasis permainan monopoli untuk materi lingkungan hidup. Latar belakang pengembangan media dilakukan yaitu karena di lapangan penggunaan handphone diwajibakan di dalam kelas khususnya saat guru mengirimkan tugas. Penggunaan handphone yang cukup intens di dalam kelas membuat semakin besarnya kesempatan untuk menyalah gunakannya dan siswa tidak fokus saat pembelajaran. Maka pengembangan media berbasis permianan monopoli pada handphone akan memperkecil kesempatan siswa untuk menyalah gunakan handphone di dalam kelas. Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 6 tahap. Langkah pertama pengumpulan informasi pengembangan produk awal validasi produk uji coba lapangan efektifitas produk akhir. Produk hasil pengembangan telah melalui proses validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media dan materi menyatakan bahwa media telah valid dengan beberapa perbaikan. Hasil validasi dijadikan cuan untuk revisi produk sebelum diujicobakan. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Glenmore dan guru geografi yang merangkap sebagai ketua MGMP Geografi Banyuwangi. Hasil uji coba sebesar 1218 dengan persentase sebesar 87 50%. Berdasarkan hasil uji coba dapat dikatakan bahwa media hasil pengembangan masuk dalam kategori layak sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang dikembangkan masih memiliki beberapa kelemahan salah satunya adalah media ini masih diperuntukkan untuk satu materi yaitu lingkungan hidup. Maka diharapkan media permainan monopoli dapat dikembangkan oleh peneliti lain untuk materi yang lebih luas. Peneliti lain juga bisa menggunakan jenis penelitian lain yaitu eksperimen atau tindakan kelas untuk mengetahui keefektifan dan keberhasilan penggunaan media permainan monopoli terhadap proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89868

Actions (login required)

View Item View Item