Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu / Alamsyah Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu / Alamsyah Wahyudi

Wahyudi, Alamsyah (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu / Alamsyah Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wahyudi Alamsyah. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPS SMA 1 Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Yusur Suharto M.Pd (II) Drs. Hendri Purwinto M.Si Kata Kunci Model Problem Based Learning Berpikir Kreatif Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dalam pembelajarannya diberikan suatu permasalahan untuk dipecahkan. Model ini melibatkan siswa akitf dalam pembelajaran karena siswa dituntut untuk memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru. Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitor. Model ini memiliki 5 sintaks yakni (1) orientasi siswa pada masalah (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis atau mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang termasuk dalam penelitian kuantitatif subjek penelitian ini berjumlah 61 siswa dengan rincian yaitu X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan Jumlah siswa 30. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal essai posttest yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji-t digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan bepikir kreatif siswa kelas eksperimen . Rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi 4 28 dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh Sig.(2-tailed) 0 038 8804 0 05 berdasarkan hal tersebut H0 ditolak. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif sisswa kelas X IPS SMAN 1 Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89867

Actions (login required)

View Item View Item