Pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS Sma Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Hayyatul Ichtiariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS Sma Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Hayyatul Ichtiariani

Ichtiariani, Hayyatul (2019) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS Sma Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun / Hayyatul Ichtiariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ichtiariani Hayyatul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Prof. Dr. Budijanto M.Sos Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Kemampuan Berpikir Analitis Model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa lebih aktif dan melatih siswa untuk mengembangkan skill bekerja secara kelompok yaitu model pembelajaran Group Investigation yang dipilih oleh peneliti karena membantu siswa untuk melakukan investigasi terhadap topik dengan belajar penemuan belajar isi dan belajar untuk bekerja secara kooperatif sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Dolopo. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design yang merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Dolopo Kabupaten Madiun dengan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini berupa data kemampuan berpikir analtis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan posttest kemampuan berpikir analitis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan bantuan program SPSS for Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji-t terhadap kemampuan berpikir analitis siswa didapatkan bahwa nilai probabilitas (sig. 2 tailed) adalah 0 007. Jika nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89866

Actions (login required)

View Item View Item