Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo / Andrianto Pahlawan Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo / Andrianto Pahlawan Putra

Putra, Andrianto Pahlawan (2019) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo / Andrianto Pahlawan Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Adrianto Pahlawan. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung S.Pd M.Pd. (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si Kata Kunci Model Discovery Learning Kemampuan Berpikir Analitis Berpikir analitis mendorong siswa untuk memilih suatu materi pebelajaran dan kemudian mencari keterkaitan dari permasalahan yang ada dan peserta didik untuk memecahkan masalah secara pribadi. Pembelajaran seharusnya dimulai dari menggali permasalahan atau menyampaikan permasalahan yang selama proses pembelajaran peserta didik diajak untuk menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir kritis analitis kreatif dan tidak hanya menggunakan kemampuan tingkat rendah seperti ingatan atau menghafal saja. Namun kemampuan berpikir analitis masih sangat rendah hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi oleh peneliti seperti rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis yakni 63 18 dari kelas XI IPS1-XI IPS 4. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis dari kelas XI IPS 1-XI IPS 4 yang paling rendah yakni XI IPS 3 dengan rata-rata 43 18. Hal ini disebabkan karena kesulitan dengan soal ranah analisis (C4) karena seringnya mendapat soal dengan ranah pemahaman (C2) sehingga mereka diharuskan menghafal suatu materi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswad engan model discovery learning di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiridari 2 Siklus penerapan model pembelajaran. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapanan yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi. Subyek penelitian ini yakni kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sidoarjo yang berjumlah 36 Siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa 5 soal essay untuk pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa dan diberikan pada akhir siklus. Analisis hasil kemampuan berpikir analitis siswa dengan cara membandingkan nilai rata-rata siklus I dan siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo pada pra tindakan yakni 43 18 kemudian siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 66 2 dan siklus II adalah 79 57. Presentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 53 31% dan siklus I ke siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 20 19%. Saran bagi guru harusnya memperbaiki model pembelajaran yang telah dilakukan sehingga mampu membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Saran bagi guru harusnya memperbaiki model pembelajaran yang telah dilakukan sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89864

Actions (login required)

View Item View Item