Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning kelas peminatan mata pelajaran geografi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ana Ma'rifatul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning kelas peminatan mata pelajaran geografi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ana Ma'rifatul Khasanah

Khasanah, Ana Ma'rifatul (2019) Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning kelas peminatan mata pelajaran geografi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ana Ma'rifatul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khasanah Ana Ma rifatul.2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas Peminatan Mata Pelajaran Geografi SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. (2)Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata Kunci Model Discovery Learning Kemampuan Berpikir Analitis. Berdasarkan observasi dan wawancara awal diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di kelas peminatan mata pelajaran geografi SMA Brawijaya Smart School Malang menunjukan model pembelajaran mata pelajaran geografi masih cenderung mengunakan model pembelajaran cara lama dengan mengunakan metode ceramah. Dengan mengunakan model pembelajaran konvensional kebanyakan siswa cenderung pasif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru sehingga hanya 7 siswa yang dapat berpikir analitis secara baik dari 16 siswa dengan skor kemampuan berpikir analitis antara 66 sampai 79. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam meningkatkan berpikir analitis siswa sesuai dengan kurikulum 2013 adalah discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mengunakan 2 siklus siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan penelitian pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas peminatan mata pelajaran geografi X IPA 1 SMA BSS Malang dengan jumlah 16 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir analitis. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar tes berpikir analitis. Analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa secara klasikal yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir analitis setiap siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa dibuktikan dengan skor peningkatan kemampuan berpikir analitis dari siklus I ke siklus ke II. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas peminatan geografi X IPA 1 SMA BSS Malang. Saran pada penelitian ini adalah memberikan pendampingan yang lebih kepada siswa terutama kepada siswa yang belum pernah mendapatkan model pembelajaran ini. Bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan management waktu sebagai bahan perhitungkan dalam melaksanakan model pembelajaran dan memperhatikan kondisi siswa dan lingkungan sekolah supaya lebih mudah dalam melaksanakan model pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89862

Actions (login required)

View Item View Item