Lukman, Maharani Insani (2019) Penerapan model guided discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Maharani Insani Lukman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Lukman Maharani Insani. 2019. Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd. M.Si. (II) Purwanto S.Pd M.Si. Kata Kunci Model Guided Discovery Learning Motivasi Belajar Geografi Kemampuan Berfikir Kritis Pembelajaran di kelas tidak lepas dari berbagai macam permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut yaitu rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis. Hal tersebut diketahui melalui analisis penyebab rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis yang terdiri dari 1) siswa 2) guru 3) sarana prasarana dan 4) strategi model pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi siswa khususnya dalam motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Guided Discovery Learning. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi menggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Genteng yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari enam langkah proses pembelajaran yang meliputi pemberian rangsangan merumuskan masalah mengumpulkan data pengolahan data verifikasi data dan menarik kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai hasil angket motivasi belajar dan nilai hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa. Pengisian lembar angket motivasi dilaksanakan pada saat pra dan pasca tindakan sedangkan tes berfikir kritis dilaksanakan setelah tindakan siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari pra hingga pasca tindakan karena penggunaan media pembelajaran seperti video ppt dan lingkungan sekitar. Sedangkan kemampuan berfikir kritis dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan karena siswa dituntut untuk berargumen dalam setiap pembelajaran. Rerata nilai motivasi belajar siswa pada pra tindakan sebesar 55 47 dan pasca tindakan sebesar 79 61 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari pra ke pasca tindakan sebesar 24 14 (30 32%). Sedangkan rerata nilai kemampuan berfikir kritis siswa pada siklus I sebesar 67 17 dan siklus II sebesar 80 47 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 13 3 (19 8%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89861 |
Actions (login required)
View Item |