Media interaktif speech teraphy huruf hija'iyah bagi peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang / Isnaningtiyas Nurania Hajizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Media interaktif speech teraphy huruf hija'iyah bagi peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang / Isnaningtiyas Nurania Hajizah

Hajizah, Isnaningtiyas Nurania (2017) Media interaktif speech teraphy huruf hija'iyah bagi peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang / Isnaningtiyas Nurania Hajizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Hajizah Isnaningtiyas Nurania. 2017. Pengembangan Media Interaktif Speech Teraphy Huruf Hija iyah bagi Peserta didik Tunarungu Kelas III di SDLB Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Media interaktif speech teraphy huruf hija iyah tunarungu. Pendidikan Agama bagi peserta didik tunarungu sangat diperlukan. Dalam hal ini bagi peserta didik kelas III. PAI yang diberikan oleh guru khususnya pada pembelajaran huruf hija iyah. Peserta didik tunarungu yang mengalami hambatan pada pendengaraanya mempunyai kesulitan untuk berbahasa. Kosakata yang mereka punyai masih terbatas. Apalagi untuk pembelajaran huruf hija iyah. Mereka membutuhkan layanan yang memfasilitasi anak-anak dalam pembelajaran. Layanan tersebut meliputi pengenalan huruf hija iayah dari segi tulisannya mapun dari segi pengucapannya. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penulis adalah pengucapan peserta didik untuk mengucapkan huruf hija iyah. Jenjang Pendidikan yang sedang dijalani oleh peserta didik adalah kelas III SD Oleh karena itu pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik adalah pembelajaran huruf hija iyah sederhanya yaitu huruf hija iyah berharakat fathah dari 1575 1614 sampai 1585 1614 Penelitian penulis menggunakan metode penelitian Borg Gall. Tahap-tahap yang dilalui dalam metode penelitian ini atara lain 1) research and information collecting 2) planning 3) develop preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) main product revision 6) main field testing 7) operational product revision 8) operational field testing 9) final product revision. Tahapan validasi pada penelitian ini dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran ABK. Uji coba produk dilakukan di lapangan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak lima peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang. Hasil penelitian yang dilakukan dalam pengujian kelayakan media pembelajaran yakni media interaktif speech teraphy huruf hija iyah diperoleh dari data validasi yang dilakukan oleh beberapa ahli yaitu ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran ABK. Ahli media memberikan skor 97% untuk presentase kelayakan media ahli materi memberikan skor 92% dan ahli pembelajaran ABK memberikan skor 95% untuk presentase kelayakan media interaktif. Sedangkan efektifitas media interaktif yang telah dibuktikan pada uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor 93 post test dari total nilai 100. Kelanjutan untuk media interaktif ini diharapkan adanya pengembangan berkelanjutan. Pengembangan tersebut bisa digunakan untuk mata pelajaran lain selain PAI. Media tersebut juga dapat diuji kefektifitasannya dalam penelitian berbentuk eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8986

Actions (login required)

View Item View Item