Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Trenggalek / Defando Fajar Priardi

Priardi, Defando Fajar (2019) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Trenggalek / Defando Fajar Priardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Priardi, Defando Fajar. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M.Si., (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang penting dan diperlukan dalam kehidupan, mengingat dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah kemampuan beripikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah.Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat disebabkan oleh masih belum maksimalnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa adalah motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek, (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian experimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan tiga variabel. Variabel bebas adalah model Problem Based Learning, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis dan variabel moderator motivasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa sama yakni 31 siswa. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis varians dua arah diperoleh: (a) Terdapat perbedaan rata-rata Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, dengan probabilitas 0,00 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis, (b)Terdapat perbedaan rata-rata skor posttestkemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa yang dilakukan pembelajaran menggunakan model PBL, dengan probabilitas 0,21 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan pembelajaran model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Maka dapat disarankan umtuk pembelajaran kedepan penggunaan model PBL agar pembelajaran lebih dipadukan dengan media ataupun model lain sehingga dapat lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89859

Actions (login required)

View Item View Item