Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS di MAN 2 Pamekasan / ST. Rokayyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS di MAN 2 Pamekasan / ST. Rokayyah

Rokayyah, ST. (2019) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS di MAN 2 Pamekasan / ST. Rokayyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rokayyah ST. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Mata Pelajaran Gerografi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPS di MAN 2 Pamekasan. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Purwanto S. Pd. M.Si Kata Kuci model pembelajaran Group Investigation (GI) kemampuan berpikir tingkat tinggi Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan kognitif siswa yang meliputi kemampuan menganalisis mengevaluasi dan mencipta. Kemampuan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan saat ini karena merupakan kebutuhan di abad 21 dan sangat efektif dalam memecahkan masalah. Selain itu kurikulum 2013 menuntut siswa untuk menyelesaikan soal-soal HOTS (High Order Thingking Skill) dan menitik beratkan pada penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu guru harus memiliki strategi yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) yang bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS di Man 2 Pamekasan. Penelitian ini di desain dengan Quasi Experiment menggunakan Post Test Control Group Desaign. Subyek penelitian ini terdiri dari XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan subyek ini dengan menggunakan purpose sampling karena sudah ditentukan karakteristiknya yaitu nilai rata-rata UTS yang hampir sama atau memiliki kemampuan yang sama. Pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan tes subjektif yang terdiri dari lima soal. Teknis analisis data menggunakan Uji-t (Independent Sample t-Test) dengan bantuan aplikasi SPSS 16.00 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terbukti pada hasil nilai tes kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 79 dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi kategori tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 68 11 dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi kategori cukup. Selain itu nilai signifikansi pada uji hipotesis senilai 0.003 atau 8804 0.05 artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS di MAN 2 Pamekasan dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional. Model pembelajaran ini dibutuhkan strategi dan perhatian khusus agar tujuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89858

Actions (login required)

View Item View Item