Sari, Febriana Andika (2019) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Febriana Andika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Sari Febriana Andika. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 2 Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis Kurikulum 2013 telah menetapkan beberapa jenis model pembelajaran yang inovatif serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menganalisis masalah yang ada memberikan evaluasi mengenai masalah yang telah dianalisis memberikan interpretasi dan mengambil keputusan yang terbaik untuk hasil akhir. Berdasarkan hasil observasi dan pengambilan data awal diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang masih rendah. Hal ini disebabkan guru belum pernah menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya memberikan UKBM saja. Hal ini diperkuat dengan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis pra siklus yang cenderung rendah yaitu 48 5. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan Model Problem Based Learning. Karakteristik model tersebut ada pada penyajian masalah sebagai fokus pembelajaran yang bersifat kontekstual bagi siswa. Model ini dapat mengondisikan kegiatan belajar siswa lebih aktif dan membuat siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan melalui siklus penelitian setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan evaluasi/analisis dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus sebesar 48 5 siklus I sebesar 62 19 dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar 78 90. Terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 13.69 atau 28 23% siklus I ke siklus II sebesar 16 71 atau 26 87% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Saran yang dapat diajukan yaitu 1) Bagi sekolah hendaknya dapat meningkatkan fasilitas sarana prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran menggiatkan penggunaan media pembelajaran vii memotivasi/memberikan himbauan dan bimbingan agar para guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Sekolah juga perlu melakukan monitoring dan pengawasan secara berkala untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran agar implementasi kurikulum berjalan dengan baik dalam rangka mengoptimalkan proses pembelajaran agar lebih berkualitas 2) Bagi guru diharapkan agar lebih meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 salah satunya PBL membangun motivasi dan komitmen agar dapat menerapkan pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang diamanatkan oleh kurikulum 2013 secara konsisten mengintensifkan penggunaan media memberikan stimulasi kepada siswa berupa sajian permasalahan yang kontekstual saat proses pembelajaran memberikan penguatan dan evaluasi pada akhir pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi dan kemampuan berpikir siswa salah satunya kemampuan berpikir kritis 3) Bagi peneliti lain diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu acuan atau referensi dalam pelaksanaan penelitian sejenis serta dapat digunakan untuk mengembangkan penelitian dengan variabel lain atau menambahkan variabel melakukan penelitian dengan materi atau kompetensi dasar yang berbeda melakukan penelitian pada kelas atau sekolah lain yang karakteristiknya berbeda agar dapat diketahui secara lanjut kelebihan dari model Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/89856 |
Actions (login required)
View Item |